Sukses

Kaleidoskop 2022: 10 Film Hollywood yang Bikin Penonton Sedunia Antusias ke Bioskop, Salah Satunya Sekuel dari Drama Laga Era Tahun 1980-an

Simak rangkaian Kaleidoskop 2022 dari Showbiz Liputan6.com berisi deretan film Hollywood ternama yang sukses meraih pendapatan besar berkat penuhnya kembali bioskop oleh penonton pascapandemi.

Liputan6.com, Jakarta Di seluruh dunia, film Hollywood yang diproduksi para sineas Amerika Serikat masih tetap merajai pasar di hampir seluruh negara. Tak heran bila film-film Hollywood dengan modal yang sangat besar selalu meraup pendapatan tertinggi di jejeran box office dunia.

Sepanjang tahun 2022, para penikmat film Hollywood di seluruh dunia merayakan penurunan angka pandemi Covid-19 dengan menontonnya di bioskop. Alhasil, rumah produksi dan distributor film Hollywood pun meraih pencapaian bombastis dari hasil penjualan tiket.

Dari situlah, kami dari tim Showbiz Liputan6.com turut merangkai Kaleidoskop 2022 berisi deretan film Hollywood ternama yang sukses meraih pendapatan besar berkat bioskop yang sudah kembali dipenuhi penonton.

Mengejutkannya, salah satu film dengan box office tertinggi sepanjang 2022 diraih oleh sekuel film bertema militer pada era 1980-an. Sementara untuk yang lainnya masih didominasi genre superhero, laga, dan fiksi. Apa sajakah itu? Berikut deretannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Top Gun: Maverick

Film Top Gun: Maverick yang dibintangi Tom Cruise dengan sutradara Joseph Kosinski, sukses meraih tempat pertama di tangga box office dunia 2022 menjelang Hari Raya Natal.

Film yang rilis pada Mei ini juga mendapat banyak pujian dari kritikus maupun penonton. Penggambaran Tom Cruise sebagai Maverick pun mengundang nostalgia penonton era 1980-an.

Berkat adegan pesawat tempur yang dilakukan secara langsung, para penonton di seluruh dunia pun berbondong-bondong ke bioskop, membuat film ini meraup angka kisaran US$1,4 miliar, melansir boxofficemojo.com.

 

3 dari 11 halaman

2. Jurassic World: Dominion

Jurassic World: Dominion yang rilis Juni memang bukanlah film terbaik di waralaba Jurassic Park secara kualitas. Namun begitu, penonton menganggap aksi dinosaurus memangsa manusia dalam film ini masih menjadi hiburan seru.

Ditambah lagi, Jurassic World: Dominion menyatukan karakter baru Jurassic World: Owen Grady dan Claire Dearing, dengan tiga karakter klasik Jurassic Park: Alan Grant, Ellie Sattler, dan Ian Malcolm.

Antusiasme penonton terhadap membuat film keenam Jurassic World yang kembali dibintangi Chris Pratt dengan sutradara Colin Trevorrow ini pun meraup angka US$1 miliar lebih.

 

4 dari 11 halaman

3. Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Babak keempat Marvel Cinematic Universe di bawah Marvel Studios menimbulkan ketidakpuasan dari banyak pengamat maupun beberapa penggemarnya. Salah satu film Marvel yang tak terlalu disanjung sepanjang 2022 adalah Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Film ini memang tak dianggap seistimewa Spider-Man: No Way Home atau serial seperti WandaVision. Namun beredarnya rumor-rumor mengenai karakter mana saja yang akan muncul, membuat para penonton penasaran dan datang ke bioskop.

Alhasil, film arahan Sam Raimi dengan bintang Benedict Cumberbatch dan Elizabeth Olsen yang rilis bulan Mei ini pun meraih angka US$955,7 juta.

 

5 dari 11 halaman

4. Minions: The Rise of Gru

Hollywood selalu sukses dalam menyajikan film-film animasi yang dikemas secara kocak namun penuh dengan kehangatan dan kekeluargaan. Salah satunya adalah Minions: The Rise of Gru yang telah mewarnai tahun 2022.

Minions: The Rise of Gru yang rilis pada Juli lalu, meraih angka US$939,4 juta setelah para penggemar harus bersabar dua tahun akibat pandemi COVID-19 lantaran film ini seharusnya tayang pada 2020.

 

6 dari 11 halaman

5. Black Panther: Wakanda Forever

Black Panther: Wakanda Forever berhasil masuk dalam 10 besar film terlaris dunia sepanjang 2022 meskipun penayangannya mendekati tutup tahun, tepatnya November 2022.

Namun tampaknya, para penonton sangat penasaran dengan kehadiran karakter bawah laut bernama Namor serta nasib Black Panther setelah aktor utamanya, Chadwick Boseman, meninggal dunia pada 2020 lalu.

Tampaknya, banyaknya adegan laga diselingi oleh humor kocak khas Marvel membuat penonton puas dan hasilnya adalah peraihan sebesar US$789,9 juta.

 

7 dari 11 halaman

6. The Batman

Robert Pattinson sempat diremehkan banyak pihak saat pertama diumumkan telah mendapatkan peran Bruce Wayne alias Batman di film The Batman. Namun setelah tayang pada Maret, film ini justru masuk dalam jejeran terlaris dunia sepanjang 2022.

The Batman yang disutradarai Matt Reeves ini pun sukses meraup angka US$770,8 juta. Dari situlah keraguan orang-orang terhadap akting Robert Pattinson langsung mereda.

 

8 dari 11 halaman

7. Thor: Love and Thunder

Thor: Love and Thunder yang disutradarai Taika Waititi juga menjadi salah satu film Marvel Studios yang sukses mendominasi tangga box office dunia sepanjang 2022 setelah rilis pada Juli lalu.

Film keempat Thor yang kembali dibintangi Chris Hemsworth ini memang menuai banyak kritik tajam dari pengamat maupun penggemar lantaran humornya yang dinilai berlebihan dan garing, serta alur cerita yang kurang kuat.

Namun, tetap saja tampaknya penonton masih bisa terhibur oleh film ini yang tercermin dari angka pendapatannya di seluruh dunia, US$760,9 juta.

 

9 dari 11 halaman

8. Avatar: The Way of Water

Tak sia-sia perjuangan James Cameron selama lebih dari 10 tahun mengembangkan sekuel film yang tengah menjadi film terlaris dunia sepanjang masa, Avatar. Sam Worthington, Zoe Saldana, Sigourney Weaver, dan Stephen Lang kembali menjadi bintangnya.

Avatar: The Way of Water secara mengejutkan masuk dalam 10 besar film Hollywood terlaris dunia sepanjang 2022 meskipun baru tayang pada 16 Desember lalu. Angka yang diraih adalah US$609,8 juta.

 

10 dari 11 halaman

9. Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore

Film Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore yang dirilis pada April lalu, menjadi istimewa lantaran para penonton sangat penasaran ingin melihat peran Gellert Grindelwald digantikan oleh Mads Mikkelsen lantaran Johnny Depp sempat bermasalah dengan nama baiknya karena Amber Heard.

Akting Mads pun mendapatkan pujian dari sejumlah penggemar melebihi penampilan bintang utamanya, Eddie Redmayne. Film arahan sutradara veteran film Harry Potter, David Yates ini pun menembus angka US$405,1 juta.

 

11 dari 11 halaman

10. Sonic the Hedgehog 2

Kesuksesan film live-action Sonic the Hedgehog membuat Paramount tak kapok untuk membuat sekuelnya. Alhasil, film Sonic the Hedgehog 2 yang rilis April, sukses mendapatkan atensi dari para penonton dunia.

Film yang dibintangi James Marsden, Ben Schwartz, dan Jim Carrey dengan sutradara Jeff Fowler ini berhasil telah mengantongi pendapatan sebesar US$402,6 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.