Sukses

Fakta Miss Universe 2022 R'Bonney Gabriel: Jago Jahit dan Punya Darah Asia

Dalam babak final, R’Bonney Gabriel disodori pertanyaan soal bagaimana ia membuktikan bawah Miss Universe adalah organisasi yang progresif dan memberdayakan.

Liputan6.com, Jakarta Selempang Miss Universe 2022 sekaligus mahkota kontes kecantikan ini telah menemukan pemiliknya yang baru: R’Bonney Gabriel. Perwakilan asal Amerika Serikat tersebut meraih gelar ini, sementara perwakilan Venezuela Amanda Dudamel dan Andreina Martinez dari Republik Dominika masing-masing berada di posisi kedua dan ketiga.

Dilansir dari Insider, Minggu (15/1/2023), dalam babak final R’Bonney Gabriel disodori pertanyaan soal bagaimana ia membuktikan bawah Miss Universe adalah organisasi yang progresif dan memberdayakan. Wanita 28 tahun ini menyatakan bahwa ia akan menjadi pemimpin yang membawa perubahan. Dari jawabannya, terungkap bahwa R’Bonney Gabriel adalah seseorang desainer dan penjahit andal.

“Sebagai desainer yang penuh semangat, saya telah menjahit selama 13 tahun, dan saya menggunakan fashion sebagai kekuatan untuk kebaikan,” begitu pernyataan R’Bonney Gabriel di babak final.

Di luar ini, masih banyak fakta menarik lain mengenai sang Miss Universe. Apa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Berdarah Filipina

Dilansir dari situs resmi Miss Universe, R’Bonney Gabriel merupakan keturunan Amerika – Filipina pertama yang memenangkan titel ini.

2. Desainer dan Penjahit Andal

Di akun Instagram-nya, @rbonneynola, ia kerap membagikan proses penciptaan karyanya dari konsep hingga hasil jadi. Semua lahir dari tangannya sendiri.

“Sebagai seorang seniman tekstil, aku senang mentransformasi kain, jadi aku melukisnya dengan warna biru, putih, dan abu-abu, terinspirasi dari Van Gogh,” ungkap R’Bonney Nola di salah satu unggahannya.

3 dari 4 halaman

3. Seorang CEO

Sejak usia 15 tahun, ia sudah jatuh cinta dengan dunia fashion. Ia mendapat gelar sarjana Fashion Desain di jurusan Fibers pada 2018, dan mendirikan lini pakaian berkelanjutan dengan merek yang menggunakan namanya.

4. Bantu Penyintas Kekerasan

Seperti jawabannya di babak final, R’Bonney Nola benar-benar membuktikan bahwa ia menggunakan fashion untuk kebaikan. Dalam profilnya, disebutkan bahwa ia mengajar para penyintas KDRT dan perdagangan manusia keahlian menjahit.

4 dari 4 halaman

5. Tampil di Vogue Filipina

Selain menjadi desainer, R’Bonney Nola juga berprofesi sebagai model. Ia sempat tampil dalam majalah Vogue Filipina.

 

6. Umur 28

Usia R’Bonney Nola ternyata terbilang mepet untuk ikut ajang Miss Universe, 28 tahun. Karena itu, di final ia sempat mengungkap harapan agar wanita di atas ambang usia ini masih bisa mengikuti Miss Universe.

“Karena sebagai seorang wanita, saya percaya bahwa usia tidak menentukan siapa kita. Ini bukan tentang besok. Bukan tentang kemarin. Tapi sekarang. Sekarang adalah waktunya Anda mengejar apa yang Anda inginkan,” kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.