Sukses

Aktris Veteran Yoon Jung Hee Meninggal Dunia di Paris

Sebelum meninggal dunia, Yoon Jung Hee diketahui menderita penyakit Alzheimer.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari aktris senior Korea Selatan, Yoon Jung Hee. Diwartakan Soompi, Jumat (20/1/2023), ia meninggal dunia pada hari Kamis kemarin di Paris, Prancis.

Bintang film Korea Poetry ini, memang diketahui menetap di Prancis bersama keluarganya sejak pensiun. Sebelum meninggal dunia, ia diketahui menderita penyakit Alzheimer.

Yoon Jung Hee berpulang dalam usai 78 tahun, sesuai perhitungan usia internasional. 

Yoon Jung Hee punya karier panjang dalam dunia sinema. Ia adalah aktris film kondang sejak era 1960 hingga 1980-an.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Poetry

Terakhir kali ia comeback dalam film bertajuk Poetry pada 2010. Ini, adalah kembalinya Yoon Jung Hee di dunia sinema setelah 15 tahun.

Dilansir dari Asian Wiki, filmnya berkisah tentang seorang wanita berusia senja yang mesti merawat cucu lelakinya satu-satunya. Dalam film ini, ia juga memerankan karakter dengan penyakit Alzheimer.

3 dari 4 halaman

Beragam Penghargaan

Atas performanya di film Poetry, ia diganjar sejumlah penghargaan, termasuk Aktris Terbaik di Blue Dragon Awards 2010.

Pada tahun itu juga, ia mendapat penghargaan seumur hidup atau lifetime achievement di Cairo International Film Festival ke-34. Ia adalah orang Korea pertama yang memenangkan penghargaan seumur hidup di festival film internasional.

4 dari 4 halaman

Penghargaan dari Menteri Prancis

Tahun 2011, ia menerima medali Officier dans L’ordre des Arts et Lettres dari Menteri Komunikasi dan Kebudayaan Prancis Frédéric Mitterran. Ini adalah penghargaan untuk individu yang membuat kontribusi signifikan terhadap perkembangan seni atau literatur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.