Sukses

Monty Tiwa Apresiasi Teknologi Virtual Production, Sebut Film Langkah Renjana 10 Langkah Lebih Maju

Film Langkah Renjana berkolaborasi dengan teknologi virtual production.

Liputan6.com, Jakarta Sutradara Monty Tiwa ikut menyaksikan premier film Langkah Renjana yang menggunakan teknologi virtual.  Dirinya pun mengapresiasi teknologi virtual production yang digunakan Layar Virtual dalam film Langkah Renjana. Film yang disutradarai Inarah Syarafina itu membuat Monty Tiwa tertarik untuk bekerja sama.

"Karya pertama Inarah sudah sepuluh langkah lebih maju. Saya berasal dari generasi analog. Dengan adanya teknologi virtual production bisa menjadi bahan pertimbangan untuk bekerja sama. Salah satu contoh adalah, setiap adegan film pasti ada adegan travelling,” kata Monty Tiwa usai Premiere Langkah Renjana di Flix Cinema, Ashta, SCBD, baru-baru ini.

Teknologi virtual production, kata Monty, bisa digunakan untuk adegan travelling. "Misalnya, adegan perjalanan nyata dengan naik mobil atau motor, pasti harus menggunakan izin, memperhatikan faktor cuaca. Kondisi itu bisa dipangkas dengan teknologi virtual production," tutur Monty.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pendukung

Menurut Monty, virtual production, bukan teknologi stand alone, melainkan harus ada elemen pendukung, elemen, artistik, pra produksi, dan designer. 

"Teknologi virtual production harus dikawinkan dengan ilmu directing, artistik, dan lighting,” tambah Monty.

 

3 dari 4 halaman

Kembali Berkarya

Sambutan positif Monty Tiwa membuat sutradara muda, Inarah Syarafina semakin semangat untuk kembali berkarya dengan teknologi virtual production. 

"Apalagi setelah memiliki pengalaman produksi Langkah Renjana, yaitu 90% menjalani produksi dengan teknologi virtual production. Pengalaman itu membuat aku dan tim yang terlibat menjadi lebih percaya diri untuk memproduksi film lagi dengan sistem baru ini,” ujar Inarah seusai Premiere Langkah Renjana.

 

4 dari 4 halaman

Cerita Film

Film Langkah Renjana menceritakan tentang sosok pemuda bernama Renjana yang sedang menghadapi masalah saat merantau ke New York, Amerika Serikat, kota impiannya. Di sana, Renjana, anak pertama sekaligus tulang punggung keluarga, berusaha menyelesaikan berbagai permasalahan keluarganya. 

Dalam film yang berdurasi 26 menit ini, Umay Shahab memerankan tokoh Renjana. Sedangkan, Ashira Zamita berperan sebagai Rania, dan Lula Lahfah sebagai Kamila.

Dalam kesempatan itu, President and Technical Director Layar Virtual, Omar Jusma berharap kehadiran Layar Virtual dapat memberikan dukungan kepada insan kreatif visual Indonesia.

"Baik muda maupun senior, bahkan yang terjun di bidang film, periklanan, video musik dan lainnya bisa lebih mengeluarkan imajinasi kreatif dalam menghasilkan karya. Bersama generasi muda, kita mulai memperkenalkan work flow produksi virtual. Saat ini, sudah banyak dilakukan di luar Indonesia. Ke depan, diharapkan semakin banyak digunakan," ujar Omar.

Omar pun mengaku pihaknya terbuka untuk melakukan kerja sama dengan semua pihak.

"Pasti ada pembicaraan-pembicaraan. Kami terbuka untuk melakukan diskusi, sharing dan bekerja sama. Studio dan tim kami terbuka untuk hal ini. Ke depan, kami akan lebih sering melakukan sesi pengenalan untuk penggunaan virtual production, termasuk tahapan pembuatan Aset 3D. Saat ini, pun sudah ada beberapa pihak yang mengajak kami berdiskusi, dan sudah terjadi kerja sama untuk film layar lebar, untuk pengambilan scene yang sulit dilakukan dengan cara konvensional," kata Omar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.