Sukses

Rahim Melaney Ricardo Diangkat Akibat Penyakit Adenomyosis, Operasi Dilakukan Secara Robotik

Operasi pengangkatan rahim ditempuh Melaney Ricardo setelah beberapa kali konsultasi ke dokter dan menjalani pemeriksaan medis. Ia mengidap adenomyosis.

Liputan6.com, Jakarta - Melaney Ricardo akhirnya buka suara soal unggahan video di Instagram terverifikasi, yang meperlihatkannya sedang berada di rumah sakit. Ia menjalani operasi pengangkatan rahim.

Operasi pengangkatan rahim ditempuh setelah Nyonya Tyson Lynch beberapa kali konsultasi ke dokter dan menjalani pemeriksaan medis. Melaney Ricardo lalu divonis mengidap adenomyosis.

Secara sederhana, adenomyosis adalah proses endometriosis yang tumbuh di otot rahim. Ia beda dari miom. Endometriosis sendiri adalah jaringan endometrium yang tumbuh di luar dinding dalam rahim yang normal.

“Jadi operasi yang aku lakukan kemarin itu akhirnya, setelah melewat perjalanan panjang, naik turun, maju mundur, mengumpulkan keberanian, itu adalah operasi pengangkatan rahim,” kata Melaney Ricardo.

 

2 dari 4 halaman

Dilakukan Laparoskopi

“Jadi dilakukan laparoskopi. Jadi sekarang ini diperut aku ada empat lubang. Dilubangi ke dalam perut aku, dilakukan secara robotik. Jadi ada robotnya,” ungkap Melaney Ricardo.

Melansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, laparoskopi adalah pemeriksaan rongga perut dengan peneropongan memakai alat melalui sayatan di dinding perut setelah dilakukan pengisian dengan udara atau gas ke dalamnya.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Robotnya Masuk

“Robotnya itulah yang masuk ke dalam perut aku dan mengangkat semua jaringan terutama bagian rahim aku,” ujarnya kami lansir dari kanal YouTube Melaney Ricardo, Senin (30/1/20230.

Ibu dua anak ini menerangkan, operasi pengangkatan rahim opsi terakhir yang dipilih setelah menjalani sejumlah terapi medis termasuk suntik untuk mencegah menstruasi selama beberapa bulan.

 

4 dari 4 halaman

Risiko Menopause Dini

Dalam kesempatan itu, Melaney Ricardo menggarisbawahi bahwa operasi pengangkatan rahim tidak akan membuatnya menopause lebih awal. Ia telah mengonfirmasi ini kepada tim dokter.

“Tapi kalau ditanya nih, apakah aku akan menopause jawabannya enggak karena aku sudah mengonsultasikan ke dokter obginku, kepada dokter Ivan, bahwa aku tidak akan early menopause karena aku baru mau 42 tahun,” Melaney Ricardo mengakhiri.