Sukses

Ivan Gunawan Bangun Masjid di Uganda dengan Hasil Keringat Sendiri: Biayanya Lillahi Ta'ala

Ivan Gunawan mengaku tak pernah memikirkan biayanya, karena melakukan semua ini dengan ikhlas.

Liputan6.com, Jakarta Ivan Gunawan memutuskan membangun masjid di Uganda, Afrika. Hal itu dilakukan secara spontan, setelah melihat postingan temannya yang menampilkan kondisi masyarakat Uganda yang memprihatinkan.

Ivan bersyukur, kini masjid telah rampung dan diresmikan. Dengan begitu, umat Islam di wilayah tersebut sudah bisa menggunakan masjid yang dibangunnya untuk beribadah.

Ivan pun enggan mengungkap biaya yang digelontorkan, untuk mendirikan sebuah masjid di Uganda. Ivan mengaku tak pernah memikirkan biayanya, karena melakukan semua ini dengan ikhlas.

"Biayanya lillahitaala. Aku enggak pernah mikirin berapa biayanya. Kalau ada penambahan tinggal kirim. Namanya udah niat dan spontan, di sana utamanya percaya. Membangun sesuatu karena Allah dan dibantu sama orang yang amanah," kata sahabat Ayu Ting Ting ini kepada wartawan di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (1/2/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hasil Keringat Sendiri

Ivan memastikan biaya pembangunan masjid di Uganda adalah hasil dari keringatnya sendiri. Sebab, ia percaya adanya hak orang lain dari harta yang dimilikinya. Ia pun berharap, keberkahan turut menyertai atas usahanya membahagiakan orang lain.

"Pakai hasil keringat sendiri sudah pasti. Insya Allah hidup enggak bisa buat diri sendiri. Kalau di sini keluarga bisa diurus langsung. Kalau urusi banyak orang yang enggak tahu kan insyaAllah berkah," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Lewat WhatsApp

Dilanjutkan Ivan, dirinya bersyukur tidak mengalami kendala selama proses pembangunan masjid. Bahkan ia selalu mendapat laporan pembangunan, baik melalui telepon maupun pesan singkat.

"Alhamdulillah dari awal sampai akhir enggak ada kendala apa pun. Kita selalu di-update dengan video call dan WA," imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Minta Doa

Ivan belum bisa memastikan saat disinggung adanya rencana pembangunan masjid di lokasi lain. Ia hanya memohon doa, jika memang kembali melakukan hal serupa di kemudian hari.

"Belum ada rencana, tungguin aja. Doain aja," ucap Ivan Gunawan. (M. Altaf Jauhar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.