Sukses

6 Hal Tentang Titanic Berlayar Lagi di Bioskop Mulai Hari Ini, Tragedi Cinta Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet Tak Lekang oleh Waktu

Film Titanic dijadwalkan tayang lagi di bioskop Indonesia mulai hari ini, Rabu 8 Februari 2023.

Liputan6.com, Jakarta Setelah rilis perdana di bioskop 25 tahun silam, film Titanic kembali ditayangkan di lebar mulai hari ini, Rabu 8 Februari 2023. Indonesia termasuk negara yang kebagian rilis awal. Di Amerika Serikat dan sejumlah negara lain, Titanic baru akan tayang ulang di bioskop mulai 10 Februari 2023 besok.

Sebagaimana diketahui, Titanic pertama rilis di bioskop AS pada Desember 1997. Film arahan sutradara James Cameron ini dibintangi oleh Kate Winslet dan Leonardo DiCaprio sebagai pemeran utama. Film ini terinspirasi insiden tenggelamnya kapal pesiar RMS Titanic pada 1912.

Meski berdasarkan tragedi nyata, cerita cinta dalam film ini merupakan fiktif. Perjalanan cinta beda strata sosial antara Jack Dawson (Leonardo DiCaprio) dan Rose DeWitt Bukater (Kate Winslet) sukses mengharu biru penonton di berbagai belahan dunia.

Titanic sempat menjadi terlaris di seluruh dunia selama lebih dari 12 tahun, hingga rekor ini ditumbangkan oleh Avatar (2009). Meski kerap tayang di televisi dan tersedia di platform streaming, Titanic tetap dianggap memiliki nilai jual untuk kembali rilis di bioskop. Berikut 6 hal menarik tentang film Titanic yang rilis ulang di bioskop, dirangkum Showbiz Liputan6.com dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Lagi dan Lagi

Ini bukan kali pertama Titanic rilis ulang setelah tayang perdana di bioskop pada 1997. Melansir laman English Wikipedia, pada Maret 2012 Titanic dirilis ulang dengan teknologi 3D dan resolusi ditingkatkan jadi 4K.

Kemudian untuk merayakan 20 tahun rilis, Titanic kembali ke bioskop dalam format Dolby Vision 2D dan 3D selama seminggu, mulai 1 Desember 2017. Dan terkini pada Februari 2023.

3 dari 7 halaman

Teknologi

Untuk rilis kali keempat di bioskop, Titanic hadir dengan teknologi terbaru. Situs Deadline menyebut bahwa Titanic tahun ini rilis memakai teknologi 3D 4K HDR dan high-frame rate

4 dari 7 halaman

Valentine’s Day

Promo yang dibuat studio, rilis Titanic di bioskop adalah merayakan anniversary ke-25. Namun tidak tayang pada bulan Desember seperti saat dirilis pertama kali, melainkan Februari. Salah satu alasan Titanic rilis pekan ini adalah menyambut hari Kasih Sayang atau Valentine’s Day yang jatuh pada 14 Februari.

5 dari 7 halaman

Poster dan Trailer Baru

Menggunakan materi yang lama, pihak studio juga merilis poster dan trailer baru menyambut perilisan Titanic. Dalam poster baru terlihat pose DiCaprio memeluk Winslet seperti poster aslinya. Namun jika poster asli menampilkan sebatas leher, di poster baru terlihat hingga bagian punggung. Selain itu, tak tampak gambar kapal pesiar seperti poster asli.

6 dari 7 halaman

Kontroversi Ending

Ending Titanic di mana Jack tewas kedinginan karena sebagian tubuhnya di air, sementara Rose bertahan di atas papan memicu perdebatan selama lebih dari 20 tahun. Banyak warganet yang menilai adegan ini janggal, bahkan menawarkan beberapa posisi agar Jack bisa juga selamat.

Saat hadir dalam acara Good Morning America (02/02/2023) kemarin, James Cameron sang sutradara menayangkan reka ulang di laboratorium, mengakui bahwa Jack bisa saja selamat dengan mempertimbangkan berbagai aspek sampingan. Meski demikian, Cameron menyebut Jack tak mau membahayakan Rose.

7 dari 7 halaman

Prestasi

Dari tiga kali rilis bioskop sebelumnya, Titanic dilaporkan meraup USD 2,194 milyar atau sekitar Rp 33,1 trilyun. Situs People menyebut bahwa Titanic sempat merajai box-office AS selamat 15 pekan berturut-turut pada akhir 1997 hingga awal 1998.

Film ini juga merah banyak penghargaan bergengsi. Dalam Academy Awards 1998, Titanic memborong 11 piala Oscar termasuk kategori Film Terbaik dan Aktris Utama Terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.