Sukses

Film Glo, Kau Cahaya Angkat Kehidupan Atlet Renang Hingga Keindahan Papua

Film Glo, Kau Cahaya dibintangi oleh Kevin Royano, Tatyana Akman, Ratna Riantiarno, Monalisa Sembor, Mamat Alkatiri, Wulan Guritno, Cak Percil, Dani Aditya dan Putri Nere.

Liputan6.com, Jakarta Kisah nyata seorang atlet renang yang bangkit dari keterpurukan diangkat ke layar lebar berjudul Glo, Kau Cahaya. Film garapan PT Bhuana Art Sinema (BASinema) ini bekerjasama dengan dengan Pemerintah Provinsi Papua dan Panitia Besar PEPARNAS XVI Papua 2021.

Film ini juga disutradarai oleh mantan pekerja migran Indonesia bernama Ani Ema yang diharapkan dapat menjadi momentum untuk membangkitkan kembali semangat dunia perfilman Nasional.

"Saya menunggu sudah 15 tahun jadi setelah 2007 saya menjadi sutradara. Impian saya untuk debut sutradara film panjang kapan ya? Akhirnya terwujud di film ini," kata Ani Ema saat jumpa pers di kawasan Pesanggrahan, Tangerang Selatan, baru-baru ini.

Perjalanan Ani Ema dari seorang pekerja migran hingga menjadi seorang sutradara saat ini tidaklah mudah. Selama 14 tahun berkarir dengan pengalaman serta pelajaran yang telah dilalui. Banyak lika-liku yang dihadapi sebelum  mencapai titik suksesnya. 

 

2 dari 4 halaman

Mewakili

Film yang secara emosional sangat mewakili apa yang di alami Ani Ema Susanti sejak dulu, mulai dari kerja keras  sendiri saat menjadi tenaga imigran, harus menjadi kuat saat merantau jauh dari keluarga, hingga akhirnya mempunyai lingkungan yang nyaman dan memiliki banyak sahabat. Pengalaman ini yang dituangkan dan diperankan oleh Glo dalam film Glo, Kau Cahaya.

Film Glo, Kau Cahaya bercerita tentang seorang atlet renang yang bangkit dari keterpurukan dan sukses berprestasi sebagai atlet difabel. Hari-hari Gloria dipenuhi dengan kesedihan dan luka mendalam. Gloria merasa kemenangan yang semula sudah diraih dan berada di genggaman, menjadi atlet peraih medali emas di olimpiade renang menjadi tidak berguna. 

Gloria mencoba melewati hari-harinya yang tidak akan pernah sama. Melanjutkan hidup atau berhenti dan menyesalinya bersama nenek Isy dan ketiga sahabatnya, Julvri, Idho dan Eliza. 

 

3 dari 4 halaman

Memahami

Melalui karakter Gloria, kita akan lebih memahami sebuah cerita mengenai keberanian, penerimaan, perjuangan perempuan dan refleksi orang-orang di sekitarnya tentang dirinya. Bagaimana cinta seorang nenek/keluarga, sahabat, orang terkasih pada saat Gloria tersesat dalam labirin depresinya dan juga harus berjuang melawan pelecehan seksual yang mengusik ketenangannya untuk terus maju menatap masa depan untuk menjadi juara bagi dirinya sendiri. 

 

4 dari 4 halaman

Syuting

Kegiatan syuting film ini dilakukan di Kota Jayapura dan Yogyakarta. Sehingga film ini sekaligus sebagai media promosi untuk memperkenalkan keindahan alam dan kemajuan pembangunan Papua yang luar biasa kepada masyarakat yang lebih luas.

"Dengan film ini kita mau kasih legacy buat masyarakat Papua. Film ini coba memperlihatkan kemajuan Papua yang sudah berhasil menyelenggarakan dua event olahraga nasional, yaitu PON XX Papua 2021 dan PEPARNAS XVI Papua 2021," kata M. Hamka Handaru selaku executive producer.

Film Glo, Kau Cahaya akan tayang serentak di bioskop seluruh Indonesia pada tanggal 9 MARET 2023 yang diperankan oleh Kevin Royano sebagai Julfri, Tatyana Akman sebagai Gloria, Ratna Riantiarno sebagai Nenek Isyi, Monalisa Sembor sebagai Eliza, Mamat Alkatiri, Wulan Guritno, Cak Percil, Dani Aditya dan Putri Nere.

 

Â