Sukses

Live Stream Shopping di TikTok, Jadi Gaya Baru Belanja Online

Live Stream Shopping terutama di TikTok sudah menjadi gaya baru dalam berbelanja.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi COVID-19 memiliki peran penting dalam peralihan pasar ke belanja online. Namun, setelah pandemi berakhir, belanja online masih tetap jadi pilihan favorit?

Pergeseran ini sebagian besar disebabkan oleh pesatnya pertumbuhan e-commerce dan meningkatnya ketersediaan akses internet serta teknologi seluler. Dibuktikan oleh sekitar 168 juta konsumen digital yang mencakup sekitar 46% dari populasi berusia 15 tahun ke atas di Indonesia di tahun 2022.

Hal ini didukung juga dengan adanya berbagai penawaran menarik dan unik saat belanja online. Belakangan ini, warganet dipersembahkan dengan gaya belanja online yang baru; social commerce, yang salah satu mediumnya menjadi perhatian masyarakat, yaitu live stream shopping.

Adalah Olaif, sebuah perusahaan ritel online yang menjual barang kebutuhan sehari-hari untuk rumah tangga yang telah melakukan livestream shopping di Tiktok.

“Live stream shopping (di Tiktok) berhasil membawa kebiasaan orang-orang dalam belanja offline; demonstrasi produk dan memperlihatkan produk aslinya. Jadi memang menarik buat orang langsung beli karena sudah melihat hasilnya," ujar Edric Mandagi selaku CEO Olaif dalam keterangan tertulisnya.

 

 

2 dari 3 halaman

Pengalaman

Singkatnya, live stream shopping menawarkan pengalaman belanja offline namun semua terjadi di layar ponsel, di mana warganet akan menyaksikan host (penjual) mempromosikan barang dagangannya langsung dengan cara yang menarik. Ketika ingin membeli barang tersebut, hanya tinggal klik “keranjang kuning”, dan barang pun siap untuk dibayar melalui berbagai kanal pembayaran.

Strategi pemasaran ini berkembang pesat di tengah pandemi dan terus berlanjut bahkan setelah pandemi berakhir, sehingga banyak para penjual ritel yang mencoba untuk melakukannya.

 

3 dari 3 halaman

Pandemi

Keaktifan live stream shopping di Tiktok membuktikan bagaimana Olaif yang lahir di tengah pandemi berhasil merengkuh 112,8 ribu pengikut hanya dengan 41 video Tiktok yang diunggahnya, dan kini terus berkembang dengan menjalankan live stream shopping secara rutin.

Tak hanya brand ritel besar yang menjalankan live stream shopping, namun sejumlah pedagang-pedagang ritel dari mode, elektronik, peralatan hobi, hingga peralatan bayi, turut meramaikan live stream shopping dan menjadi salah satu cara belanja online favorit yang baru untuk warganet.

 

Video Terkini