Sukses

Harga Beras Naik Jelang Nyepi dan Ramadhan 2023, Di Bali Kelas Premium Kini Rp325 Ribu Per Karung

Menurut pedagang dii Kabupaten Karangasem, Bali, harga beras semua kelas sudah naik sejak Maret pekan kedua.

Liputan6.com, Jakarta Naiknya harga beras secara nasional menjelang Hari Raya Nyepi dan bulan Ramadhan 2023, mau tak mau harus membuat masyarakat lebih bersiaga untuk mengeluarkan isi dompetnya. Terlebih lagi kenaikan harga beras melanda semua kelas.

Melansir kanal YouTube Liputan6, Selasa (21/3/2023), salah seorang pedagang beras di Kabupaten Karangasem, Bali mengaku bahwa kenaikan beras sudah naik sejak Maret pekan kedua mulai dari kelas premium hingga polos. Harga beras premium naik hingga mencapai Rp325 ribu.

Namun begitu, disampaikannya bahwa harga eceran beras per kilogram tak berbeda terlalu jauh untuk tiap kelasnya. Contohnya jika beras kelas premium bisa mencapai Rp15 ribu, maka beras dua kelas di bawahnya hanya sekitar Rp13 ribu dan Rp12 ribu.

"Harga beras bulan ini mengalami kenaikan kira-kira pertengahan Maret minggu kedua naik kira-kira 1000 rupiah yang premium, paling bagus kira-kira harganya 325 ribu rupiah. Kalau yang sedang 300 ribu rupiah, yang polos kira-kira 290 ribu rupiah," ujar pedagang beras bernama I Komang Suarsana kepada Liputan6 SCTV.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Beras Eceran Per Kilogram Disampaikan Pedagang Bali

Lebih lanjut, pedagang tersebut menjabarkan rincian harga beras tiap kilogram. Ia juga menyebut tak ada kendala berarti terkait pasokan beras yang datang ke agennya meskipun harganya tak bisa dikendalikan.

"Kalau diecer per kilogram yang bagus sekitar 14-15 ribu, yang sedang 13 ribu rupiah, kalau yang polos normalnya 12 ribu rupiah," sambungnya.

"Pasokan lancar, harga berubah," ujarnya melanjutkan.

 

3 dari 4 halaman

Harga Beras Tiap Karung yang Isinya 25 Kilogram

Melansir kanal YouTube Liputan6 SCTV di Bali, harga beras tiap kelas per karung mengalami kenaikan 5-10 ribu rupiah dari harga sebelumnya. Tiap karung memiliki berat 25 kilogram.

Kelas Premium yang sebelumnya Rp320 ribu kini menjadi Rp325 ribu. Lalu kelas medium dari Rp290 ribu menjadi Rp300 ribu. Sementara itu harga beras polos naik dari Rp 280 ribu menjadi Rp290 ribu per karung.

 

4 dari 4 halaman

Harga Lain yang Naik

Selain beras, dilaporkan juga bahwa harga cabai dan telur di Bali juga mengalami kenaikan harga serupa. Harga kedua komoditas pangan itu sama-sama naik karena adanya Hari Raya Nyepi dan bulan Ramadan menjelang Lebaran 2023.

Disampaikan seorang pedagang di Kabupaten Badung, harga cabai naik dari Rp55 ribu menjadi 95 ribu. Sementara harga telur satu kerat berisi 30 butir naik dari Rp48 ribu menjadi Rp52 ribu. Sementara yang berkualitas super kini harganya Rp55 ribu per kerat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.