Sukses

Alasan Lagu Solo Jimin BTS yang Diciptakan RM Dicap Tak Layak Tayang di KBS

Face-off sendiri adalah lagu di urutan satu dalam album Jimin BTS. Jimin dan RM ikut berpartisipasi dalam penciptaan lagu tersebut.

Liputan6.com, Seoul - Jelang debut solo Jimin BTS, ada sebuah kabar mengagetkan dari KBS. Dilansir dari Soompi, Kamis (23/3/2023), salah satu lagu dalam albumnya ini dicap tak layak tayang di stasiun TV tersebut.

Seperti jamaknya artis yang hendak comeback, KBS memeriksa lagu dalam album solo bertajuk FACE tersebut. Tiga judul yang di-review adalah “Face-off,” “Like Crazy,” dan “Alone.” Pada Rabu kemarin, KBS akhirnya mengumumkan bahwa “Face Off” dinyatakan tak layak ditayangkan, karena liriknya berisi kata makian, slang, dan ekspresi tak pantas.

“Face-off” sendiri adalah lagu di urutan satu dalam album Jimin BTS. Pria asal Busan ini ikut berpartisipasi dalam penciptaan lagu tersebut bersama rekan BTS yang lain, RM. Pdogg, Ghstloop dan EVAN juga ikut ambil bagian dalam penciptaan lagu ini.

Bukan hal langka bila sebuah lagu dianggap tak layak tayang di KBS—yang merupakan stasiun TV nasional. Sebelumnya, sejumlah lagu lain mendapat cap serupa, dengan berbagai alasan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dua Lagu dari Album Proof BTS

Dua lagu BTS dalam album Proof yang rilis tahun lalu juga dinyatakan tak layak tayang oleh KBS. Keduanya adalah “Run BTS” dan “Born Singer.”

Menurut perwakilan KBS, alasannya karena lirik lagu ini mengandung kata kasar dan vulgar, serta ekspresi kasar.

 

3 dari 4 halaman

EXID hingga Blackpink Juga Kena

Sejumlah artis lain juga pernah mendapat nasib serupa, baik dalam hal musik atau video klip.

EXID misalnya. Tahun 2017 silam, lagunya yang bertajuk “DDD” dilarang tayang karena menggunakan bahasa vulgar. Setelah lirik lagunya diedit untuk KBS, lagu ini akhirnya bisa tayang.

Tahun 2019, video musik “Kill This Love” dari Blackpink juga dilarang tayang—tapi tak disampaikan secara resmi apa alasannya. Fans menduga, hal ini karena adegan Rose mengendarai mobil tanpa sabuk pengaman.

4 dari 4 halaman

Like Crazy Jadi Title Track Album Solo Jimin BTS

Kembali kepada Jimin, lagu “Like Crazy” dipilih jadi title track dari album solo perdananya. Video klipnya akan dirilis pada 24 Maret besok, pukul 1 siang waktu setempat, atau jam 11.00 WIB.

Jimin akan merilis lagu ini dalam versi bahasa Inggris dan Korea sekaligus.

Sebelumnya, Jimin juga membagikan lagu pra-rilis  “Set Me Free Pt.2,” beserta video klipnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.