Sukses

Rian D'Masiv Hadiri Ramadhan Fest Smeshub Island, Ungkap Mimpi Punya 250 Gerai Restoran Ayam di Akhir 2023

Rian D’Masiv menyebut unit bisnisnya, Ayam Forever, berpartisipasi di Smeshub Island. Memiliki 110 gerai, diharapkan berkembang jadi 250 outlet di akhir 2023.

Liputan6.com, Jakarta Rian Ekky Pradipta alias Rian d'Masiv menghadiri program Ramadhan Fest: Smeshub Island di Kuningan City Jakarta, yang diselenggarakan dari tanggal 3 sampai 16 April 2023 dengan melibatkan lebih dari 50 UMKM produk mode, aksesori, kecantikan, kuliner, hingga dekor.

Pelantun “Cinta Ini Membunuhku” dan “Jangan Menyerah” menjelaskan, Smeshub adalah ekosistem pengembangan UMKM dan anak muda Indonesia yang tertarik dunia bisnis dengan misi mulia: mengembangkan ekosistem berkelanjutan sekaligus berdaya saing global.

Smeshub Island yang adalah hasil kolaborasi dengan HIPMI (Bidang 9) dan Bank BJB diharapkan jadi destinasi anyar untuk keluarga juga teman berkumpul bersama selama Ramadhan. Smeshub Island diyakini membuat puluhan UMKM yang ikut serta makin dikenal luas.

Berbincang dengan Showbiz Liputan6.com di Jakarta, Selasa (4/4/2023), Rian D’Masiv mengatakan, unit bisnisnya yakni Ayam Forever, berpartisipasi dalam Smeshub Island. Telah memiliki 110 gerai, Ayam Forever diharapkan berkembang jadi 250 outlet di akhir 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengelola UMKM

“Saya punya perusahaan Smeshub, platform yang mengelola UMKM. Saya membangun bersama sahabat saya dari 2020 sampai sekarang, sudah sebesar ini. Bersyukur punya wadah yang bermanfaat buat UMKM,” kata Rian D’Masiv usai pembukaan Smeshub Island.

“Sementara Ayam Forever sudah 110 gerai. Pertama, ketika kita punya lini usaha food and beverages (F&B) yang banyak, kita membuka lapangan pekerjaan walaupun mungkin gajinya enggak bisa terlalu besar. Paling tidak kita mengurangi pengangguran,” ia menyambung.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Tersesat?

Kedua, unit usaha ini bermanfaat untuk banyak orang. Rian D’Masiv optimistis Ayam Forever diterima publik. Selain cita rasa enak, harganya ekonomis. Ikut serta dalam Smeshub Island, Rian DMasiv berharap restoran nasi ayamnya makin dekat dengan masyarakat.

“Smeshub membantu pelaku UMKM yang istilahnya tersesat. Dia enggak tahu mau ngapain, bagaimana membangun brand, mendaftarkan merek, mengemas produk agar menarik. Tujuan Smeshub termasuk program Smeshub Island di dalamnya tuh itu,” Rian D'Masiv mengulas. 

Berkaca pada pengalaman, ia menyebut masalah yang paling sering dihadapi para pelaku UMKM adalah strategi pemasaran alias berpromosi. Berkoar di medsos saja tak cukup. Sejumlah cara kreatif mesti ditempuh agar kesadaran publik terhadap sebuah brand melonjak.

4 dari 4 halaman

Jangan Hanya Promosi

“Jangan hanya promosi di medsos, tapi membuat kontennya menarik. Ayam Forever misalnya, memanggil food vlogger yang sesuai segmentasi hingga yang menonton mencapai konten 2 juta views. Bahkan banyak yang tidak bayar, mereka mengulas sendiri,” ujarnya.

“Target tahun ini, pengin mencapai 250 gerai di seluruh Indonesia hingga akhir 2023. Pesan saya buat pelaku UMKM, jangan takut mencoba dan manfaatkan relasi mulailah dari saudara, teman dekat. Kalau produknya enak akan menjalar dari mulut ke mulut,” tutup Rian DMasiv.

Pembukaan Smeshub Island digelar 4 April 2023. Selain Rian D'Masiv, sejumlah tamu yang hadir antara lain Wakil Ketua DPD RI, Sultan B Najjamudin, Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga, Ketua Umum HIPMI, Akbar Buchari, dan perwakilan Divisi Digital Banking Bank BJB, Anissa D. Puspitasari.

Smeshub Island 2023 juga memiliki beberapa kegiatan seperti workshop, gelar wicara (smestalk), pertunjukan musik, kultum, dan kumpul komunitas. Kegiatan ini bagian dari aktivasi Smeshub Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.