Sukses

Resensi Film Ride On: Salah Satu Akting Terdalam Jackie Chan, Tentang Ayah Sayang Anak dan Satwa

Ride On adalah surat cinta penggemar untuk idola. Sineas Larry Yang adalah fans film-film Jackie Chan sejak lama. Ride On hasil kolaborasi keduanya.

Liputan6.com, Jakarta Ride On adalah surat cinta penggemar untuk sang idola. Sutradara sekaligus penulis naskah Larry Yang adalah fans karya Jackie Chan sejak lama. Suatu hari, ia menulis naskah dan mengajukan kepada sang aktor.

Jackie Chan menampik seraya meminta Larry Yang merevisi skenarionya. Melansir dari lama Wikipedia, hanya dalam 5 hari, Larry kembali mengajukan hasil revisi. Kali ini Jackie Chan tersentuh.

Larry Yang diundang Jackie Chan untuk memproduksi film Ride On yang dalam versi asli berjudul Longma Jingshen. Di Indonesia, penjualan tiket di muka untuk Ride On telah dibuka mulai pekan ini.

Dari aspek kualitas, hasil akhir Ride On tak mengecewakan. Jackie Chan menyuguhkan aksi khasnya plus akting mendalam untuk sejumlah adegan drama. Berikut resensi film Ride On.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Romantika Pemeran Pengganti

Ride On mengisahkan Lau Luo (Jackie Chan) yang sudah sepuh dan cerai dari istri. Putrinya, Xiao Bao (Liu Haocun) kuliah di jurusan hukum dan hidup mandiri setelah ibunya meninggal dunia.

Selain jadi stuntman alias pemeran pengganti, Lau Luo bekerja bersama kudanya di jalanan mengenakan aneka kostum untuk menarik perhatian turis maupun anak-anak untuk berfoto bareng.

Masalah datang kala He Xin (Yu Rongguang) mendata aset kekayaannya termasuk seekor kuda yang telah bertahun-tahun dirawat Lau Luo. Kuda ini awalnya hendak dibunuh karena lahir cacat. Kakinya bengkok.

Lau Luo telaten melatih dan mengobati hingga jadi satwa tangguh di lokasi syuting. Mendengar kudanya akan disita, ia syok berat dan minta bantuan ke Xiao Bao. Mulanya Xiao Bao menolak.

Ia lantas terkenang pesan almarhum ibunda untuk berdamai dengan Lao Luo. Xiao Bao mengajak pacarnya, Naihua (Guo Qilin) untuk memperjuangkan kuda sang ayah di muka hakim.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 7 halaman

2 Menu Yang Disajikan

Ada dua menu utama yang disajikan Ride On kepada penonton. Keduanya drama namun beda rasa. Pertama, pemulihan hubungan ayah dan anak yang jelas menguras air mata.

Kedua, pertalian manusia kesepian yang diliputi rasa bersalah dengan hewan kesayangan. Yang ini pun juga bikin banjir air mata. Dua menu ini disajikan berbareng tanpa memangsa satu sama lain.

Diselesaikan bersama lewat dialog, bahasa tubuh, dan ekspresi yang meremas sanubari. Lumayan jarang kita bisa menyaksikan Jackie Chan berakting sedalam ini. Khususnya saat adu akting dengan Liu Haocun.

 

4 dari 7 halaman

Drama Berbeda

Momen pertengkaran, mengulang kenangan, hingga rekonsiliasi dua generasi membuat Ride On menjadi drama keluarga yang tak utuh beremosi penuh. Hangat juga menyentuh.

Di sisi lain, interaksi Jackie Chan dengan kuda adalah drama unik. Ia disalut komedi karena bagaimana pun bahasa hewan dan manusia acapkali kali gagal mencapai titik temu.

Puncak drama tentu saja perpisahan dan bagaimana setiap karakter pendukung membantu tokoh utama mencari solusi. Romantisme Jackie Chan dengan kudanya tak kalah menyayat.

 

5 dari 7 halaman

Kompleksitas Masalah Ayah

Jackie Chan dalam banyak film adalah jagoan dengan selera humor cenderung komikal. Dalam Ride On, ia berlakon sebagai ayah. Titik. Ayah yang mencari nafkah untuk membanggakan putri kecilnya.

Ayah yang menyeleksi calon mantu agar tak salah pilih. Ayah yang terlalu lama hidup sendiri hingga kepayahan menjinakkan ego dan berkompromi dengan pendapat orang lain. Ayah yang berdamai dengan masalah dan masa lalu.

6 dari 7 halaman

Pergulatan Batin

Pergulatan batin ini membawa Jackie Chan pada level akting berikutnya. Ini tak akan terjadi jika naskah Larry Yang hanya berisi baku pukul sebagai pembuktian bahwa di usia 69 tahun Jackie Chan masih jago dan kebal encok.

Skrip film ini merentangkan beragam konflik yang mengondisikan tiap tokoh mencicipi spektrum emosi lebar. Jam terbang memungkinkan Jackie Chan menjawab tantangan naskah.

 

7 dari 7 halaman

Spotlight Untuk Jackie Chan

Ride On di luar dugaan menyediakan spotlight bagi Jackie Chan untuk memperlihatkan sisi terdalam keaktorannya. Tentu, elemen action tak ketinggalan. Khususnya, saat berhadapan dengan penagih utang dan berlaga di lokasi syuting yang jadi tuntutan profesi Lau Luo.

Tentu, ada komedi. Aktor muda Guo Qilin yang ekspresif bisa menimpali gaya jenaka Jackie. Ride On adalah perjalanan batin ayah dan anak. Manusia dan hewan. Cinta dan kecewa. Kehilangan dan menemukan. Jackie dan keaktorannya.

 

 

Pemain: Jackie Chan, Liu Haocun, Guo Qilin, Wu Jing, Joey Yung, Yu Ailei, Yu Rongguang, Andy On, Xiaoshenyang, Shi Yanneng

Produser: Li Jie, Belle Lau, Yanming Liu, Yuan Nong, Tianfu Xu

Sutradara: Larry Yang

Penulis: Larry Yang

Produksi: Alibaba Pictures

Durasi: 2 jam, 6 menit

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.