Sukses

Ade Fitrie Kirana Jadikan Momen Silaturahmi Saat Lebaran Idul Fitri 2023, Jadi Perekat Keharmonisan Keluarga

Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriyah tahun ini diperingati Ade Fitrie Kirana berbeda dengan tahun sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriyah tahun ini diperingati Ade Fitrie Kirana berbeda dengan tahun sebelumnya. 

Berakhirnya pandemi Covid-19, membuat Lebaran tahun ini dapat diperingati bersama keluarga. Mudik ke kampung halaman, mulai dilakukan oleh sebagian besar masyarakat.

Selain merayakan hari kemenangan, berkumpul bersama keluarga setelah sekian lama tak bertemu membuat ikatan keluarga semakin erat. Hal tersebut tentu sangat baik bagi tumbuh kembang anak.

Artis yang juga Ketua Yayasan Perlindungan Perempuan dan Anak (YPPA) Ade Fitrie Kirana mengungkapkan, pentingnya anak hingga remaja berkumpul bersama keluarga besar ayah dan ibunya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membentuk Karakter

Sehingga, menurutnya, berkumpul keluarga besar saat Lebaran mampu memberikan hal positif bagi tumbuh kembang mental anak dan remaja.

"Keluarga memberikan pengaruh besar terhadap tumbuh kembang anak, terutama dalam membentuk karakter, sikap, dan perilaku anak. Keluarga yang harmonis dapat memberikan lingkungan yang stabil dan aman bagi anak untuk tumbuh dan berkembang," kata Ade Fitrie Kirana saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (22/4/2023).

 

3 dari 4 halaman

Sikap Saling Menghargai

Artis yang dikenal masyarakat melalui perannya di sinetron Raden Kian Santang itu menambahkan, interaksi bersama keluarga besar dapat menjadi sarana anak untuk dikenalkan sikap saling menghargai, saling mendukung, saling menghormati, serta memiliki komunikasi yang baik dan terbuka.

"Sebuah keluarga yang harmonis dapat memberikan dampak positif terhadap tumbuh kembang anak," lanjutnya.

 

4 dari 4 halaman

Aman dan Nyaman Dalam Keluarga

Anak dan remaja, imbuh Ade Fitrie Kirana, akan merasa aman dan nyaman di dalam lingkungan keluarga yang harmonis. Hal ini akan membantu anak merasa terlindungi dan tidak merasa takut atau khawatir saat berada di rumah.

Anak yang merasa aman dan nyaman akan memiliki rasa percaya diri yang lebih baik dalam menghadapi berbagai situasi.

"Tak hanya itu, silaturahi saat lebaran juga meningkatkan kualitas hubungan sosial. Anak belajar melalui contoh, bahwa keluarga yang harmonis dengan pola perilaku yang baik dalam berhubungan dengan orang lain. Hal ini dapat membantu anak dalam membentuk kualitas hubungan sosial yang baik dengan orang lain di luar keluarga," dia memungkasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini