Sukses

Deretan Film Menarik tentang Sudan, Menyelami Negara di Afrika yang Kini Sedang Dilanda Perang Saudara

Selama empat tahun terakhir, ada beberapa judul film menarik yang menyorot seputar Sudan, negara di Afrika yang kini tengah dilanda perang saudara dan telah memakan ratusan korban jiwa.

Liputan6.com, Jakarta Konflik di Sudan masih memanas sejak pecahnya perang saudara akibat perseteruan antara pasukan militer dan paramiliter Rapid Support Forces. Pengungsian terhadap warga negara asing termasuk dari Indonesia telah dilakukan. Lebih dari 900 warga Indonesia berhasil diselamatkan dari Sudan hingga tulisan ini disusun.

Desingan peluru, dentuman bom, hingga kepulan asap, membuat suasana di Sudan mencekam. Perang saudara pecah di tengah ibadah puasa Ramadan. Baku serang antara kelompok paramiliter dan militer Sudan terjadi di negara Benua Afrika itu pada pertengahan April 2023.

Penduduk di Ibu Kota Khartoum pun diminta tetap tinggal di rumah di tengah perang saudara di Sudan. Situasi itu membuat persediaan makanan dan minuman menipis. Bahkan pengeboman yang menghantam sejumlah infrastruktur utama seperti pipa air, membuat warga terpaksa mengonsumi air dari Sungai Nil.

Suasana mencekam yang sedang melanda Sudan hingga memakan ratusan korban jiwa itu, tentu saja diharapkan oleh masyarakat dunia bisa segera dihentikan. Namun di luar konflik tersebut, banyak hal menarik dari Sudan yang sudah digali oleh para sineas dunia ke dalam sebuah film.

Bahkan selama empat tahun terakhir, ada beberapa judul film menarik yang menyorot seputar Sudan. Mulai dari kehidupan masyarakat hingga peta politiknya. Apa saja itu? Berikut deretannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. The Red Sea Diving Resort

Film The Red Sea Diving Resort terinspirasi dari misi penyelamatan yang pernah dilakukan di Sudan. Menyorot sekelompok agen internasional dan orang Etiopia yang pada awal 1980-an.

Mereka memanfaatkan liburan yang sepi di Sudan sebagai cara untuk menyelundupkan ribuan pengungsi ke Israel. Film ini dirilis melalui Netflix pada 31 Juli 2019.

3 dari 4 halaman

2. You Will Die at Twenty

Film You Will Die at Twenty berlokasi di salah satu desa terpencil di Sudan. Menyorot seorang Muzamil muda yang bergulat dengan rasa takut terhadap kematian di usia 20 tahun setelah ramalan mistik membuatnya merasa terkutuk.

You Will Die at Twenty awalnya dirilis pada 2019 dan Netflix merilisnya pada Desember 2020. Ini merupakan film Sudan pertama yang rilis secara streaming di Netflix sekaligus film Sudan pertama yang diandalkan untuk maju meraih Piala Oscar kategori Film Panjang Internasional Terbaik.

4 dari 4 halaman

3. Al-Sit

Film Al-Sit menyorot Nafisa, remaja putri berusia 15 tahun yang tinggal di sebuah desa pertanian kapas di Sudan. Nafisa telah lama menyukai pemuda bernama Babiker. Namun, orangtuanya mengatur pernikahan dengan Nadir, seorang pengusaha muda Sudan yang tinggal di luar negeri.

Nenek Nafisa, Al-Sit, merupakan ibu pemimpin desa yang kuat dan punya rencana sendiri untuk kebaikan Nafisa di masa depan. Tinggal Nafisa yang harus memutuskan sendiri mana yang terbaik untuk kehidupannya. Film independen ini dikemas dalam format film pendek dan sempat dirilis pada tahun 2020 lalu streaming di Netflix pada 7 Juli 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini