Sukses

Fakta Kedekatan Steven Seagal dengan Vladimir Putin, Sang Aktor Hollywood Dapat Paspor Rusia dan Dukung Serangan ke Ukraina

Menyorot Steven Seagal, kedekatan aktor laga kawakan Hollywood dengan Vladimir Putin sudah berlangsung sejak lama, jauh sebelum Rusia menginvasi Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah hebohnya drone yang menyerang kediaman Vladimir Putin di Kremlin, konflik Rusia dan Ukraina kembali membara. Pasalnya, pihak Rusia menuding Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sebagai pihak yang bertanggung jawab atas serangan itu.

Meskipun Volodymyr Zelenskyy sudah membantah tudingan itu, Rusia tetap menyalakan api peperangan dengan Ukraina yang sudah disulut sejak 2014. Di sisi lain, masyarakat dunia banyak yang menentang kebijakan Presiden Rusia Vladimir Putin perihal invasi ke Ukraina.

Namun begitu, tak sedikit pula pihak yang melayangkan dukungan terhadap Vladimir Putin. Termasuk di antaranya beberapa figur publik ternama di dunia hiburan. Terdeteksi dukungan masih ditunjukkan oleh musisi Roger Waters, sineas Oliver Stone, dan aktor laga kawakan Steven Seagal.

Menyorot Steven Seagal, kedekatannya dengan Vladimir Putin sudah berlangsung sejak lama. Bahkan, saat bertemu, keduanya menunjukkan sikap saling menghormati satu sama lain. Dari situ, terkuaklah sejumlah fakta menarik perihal kedekatan aktor Hollywood Steven Seagal dengan Vladimir Putin.

 

2 dari 4 halaman

Steven Seagal Jadi Warga Rusia pada 2016 Setelah Diberi Paspor oleh Vladimir Putin

Diketahui, Seagal dan Vladimir Putin sudah menjalin pertemanan sejak lama. Steven Seagal selalu memberi dukungannya kepada Vladimir Putin.

Keduanya pernah bertemu di Moskow, Rusia pada 25 November 2016 silam.

Bahkan, pada tahun yang sama, Seagal resmi menjadi warga negara Rusia dan mendapat paspor secara langsung dari Putin, melansir businessinsider.com.

 

3 dari 4 halaman

Steven Seagal Dukung Kebijakan Vladimir Putin untuk Rusia

Steven Seagal juga secara konsisten mendukung kebijakan Vladimir Putin yang memerintahkan Rusia untuk menginvasi Ukraina. Seagal juga mendukung pencaplokan Krimea oleh Rusia pada tahun 2014.

Konflik Rusia dan Ukraina sudah mengakar sejak lama. Ukraina merupakan bekas negara Uni Soviet, dan Presiden Rusia Vladimir Putin tampak belum rela Ukraina merdeka.

Ada pula alasan karena NATO ingin ekspansi ke Eropa Timur, termasuk Ukraina yang berbatasan dengan Rusia. Ekspansi NATO ke Ukraina dianggap mengganggu keamanan nasional Rusia.

 

4 dari 4 halaman

Steven Seagal Dapat Penghargaan dari Vladimir Putin

Pada Februari 2022, Vladimir Putin menganugerahi Steven Seagal berupa penghargaan "Order of Friendship" untuk "pekerjaan kemanusiaan dan budaya internasional," melansir Reuters.

Keputusan tersebut menyebutkan bahwa Seagal ditunjuk sebagai perwakilan khusus Kementerian Luar Negeri Rusia untuk hubungan kemanusiaan dengan Amerika Serikat dan Jepang. Namun hingga kabar ini dibuat, belum ada tanggapan dari Steven Seagal.

Lantaran kedekatannya dengan Rusia, Steven Seagal dilarang memasuki Ukraina pada 2017 lalu dengan alasan keamanan nasional, seperti disampaikan The Guardian.

Video Terkini