Sukses

Tuduhan Plagiarisme IU Kian Panjang, Agensi Nekta Bantah Klarifikasi EDAM Entertainment: Tidak Sesuai Dengan Kebenaran

Kasus plagiarisme yang membelit IU terus bergulir. Kini perusahaan penerbitan Nekta, Nordend Entertainment Publishing, membantah klaim yang dibuat oleh agensi IU, EDAM Entertainment.

Liputan6.com, Seoul - Kasus plagiarisme dari IU, penyanyi asal Korea Selatan terus bergulir. Kini perusahaan penerbitan NEKTA, Nordend Entertainment Publishing, membantah klaim yang dibuat oleh agensi IU, EDAM Entertainment.

Dikutip dari Koreaboo pada Rabu (21/6/2023), perusahaan penerbitan band Jerman, NEKTA sebelumnya telah menuduh bahwa EDAM Entertainment tidak pernah menghubungi mereka mengenai lagu “The Red Shoes” milik IU. Lagu tersebut telah lama diduga menjiplak "Here Is Us" dari NEKTA.

"Dengan sangat heran, kami telah mencatat berbagai artikel di media Korea yang diklaim bahwa mereka yang bertanggung jawab atas produksi telah menghubungi kami atau grup artis NEKTA pada saat itu dan mengklarifikasi masalah terkait pelanggaran hak cipta,” pernyataan Nordend Entertainmet.

Perusahaan yang menaungi band asal Jerman itu juga membantah adanya komunikasi yang di-inisiasi oleh pihak IU, “Ini tidak sesuai dengan kebenaran! Hingga saat ini, baik artis IU maupun perwakilan resmi LOEN Entertainment atau EDAM Entertainment tidak menghubungi kami atau menanggapi berbagai upaya kami untuk menghubungi mereka.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejak 2013

Perusahaan tersebut lebih lanjut menyatakan bahwa merekalah yang telah menghubungi agensi IU, bertentangan dengan klaim EDAM Entertainment sebelumnya yang mengatakan bahwa mereka telah menghubungi agensi NEKTA tetapi tidak mendapat kabar.

“Kami, Nordend Entertainment Publishing, telah mencoba menghubungi pada tahun 2013 untuk membahas masalah ini bersama-sama, namun semua email dan kontak kami tetap tidak terjawab. Pertanyaan tentang masalah ini diarsipkan dalam catatan kami,” kata agensi band NEKTA.

3 dari 4 halaman

Telah Membalas

EDAM Entertainment mengklaim bahwa mereka telah menerima surat yang dikirim oleh Nordend Entertainment Publishing dan membalasnya.

Mereka juga akan menerbitkan email yang dikirim Nordend pada tahun 2013, “Kami menerima pesan Nordend Entertainment dan membalasnya. Kami akan menerbitkan email 2013 yang dikirim oleh pengacara.”

 

4 dari 4 halaman

Pernah Membantah

Ketika tuduhan pertama kali dibuat, label IU membantah tuduhan plagiarisme dengan menyatakan, “Reff lagu, yang merupakan bagian terpenting dari lagu, dan bait pertama serta bridge tidak sama. Mempertimbangkan komposisi dan instrumentasi melodi, mereka adalah lagu yang sangat berbeda. Here Is Us dan The Red Shoes memiliki melodi yang mirip di bagian akhir lagu, tetapi ansambel akordnya sangat berbeda.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini