Sukses

Sinopsis Official Secrets Tayang Sabtu Malam, Kisah Nyata Intel Inggris yang Dituding Berkhianat

Berikut sinopsis Official Secrets tayang Bioskop Trans TV malam ini, Sabtu, 22 Juli 2023 pukul 21.30 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Film Official Secrets akan hadir pertama kali di TV nasional hari ini, Sabtu, 22 Juli 2023, mulai pukul 21.30 WIB. Film produksi Inggris ini rilis di bioskop pada 2019. Film ini diangkat dari kisah nyata seorang agen intelijen Katharine Gun.

Aktris Keira Knightley menjadi bintang utama film berdurasi 112 menit ini. Official Secrets juga dibintangi oleh Matt Smith, Matthew Goode, Indira Varma dan Ralph Fiennes. Film arahan sutradara Gavin Hood ini diadaptasi dari buku The Spy Who Tried to Stop a War karya Marcia & Thomas Mitchell, yang menceritakan kisah nyata Katharine Gun.

Dijelaskan di film yang tayang dalam slot Bioskop Trans TV ini, Katharine Gun adalah agen intelijen di Kantor Pusat Komunikasi Pemerintah Inggris. Pada 2003, ia menemukan surat tugas berisi kerja sama Amerika Serikat dan Inggris untuk mengintai diplomat dari negara anggota tidak tetap PBB, di antaranya Kamerun dan Bulgaria. Tujuannya agar Dewan Keamanan mengizinkan serangan ke Irak.

Kesal negaranya terseret misi yang salah, Katharine meneruskan memo itu pada temannya yang anti perang, hingga akhirnya jatuh ke tangan aktivis Yvonne Ridley yang lalu memberikannya pada wartawan The Observer, Martin Bright. Martin lantas melakukan riset dan investigasi. Meski The Observer cenderung mendukung perang, Martin meyakinkan redakturnya, Roger Alton untuk tetap menerbitkan artikel ini.

Simak sinopsis Official Secrets selengkapnya pada halaman berikut. Peringatan tulisan ini berisi spoiler atau bocoran cerita sampai tamat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ditangkap

Diterbitkannya surat tugas ini membuat media dan masyarakat geger. Sempat dituding palsu, Martin mampu membuktikan surat tugas itu asli. Kantor Pemerintah melakukan investigasi siapa pegawai yang membocorkan dokumen rahasia negara. Katharine akhirnya mengaku yang membocorkan dan ditangkap pihak berwajib. Namun dibebaskan setelah satu malam disel.

Perang Irak akhirnya pecah. Katharine meminta bantuan pengacara liberal. Pemerintah Inggris menyangkakan Katharine telah melanggar aturan kepegawaian pemerintahan. Suami Katharine, Yasar Gun yang keturunan Turki juga hampir dideportasi tapi Katharine berhasil membuktikan pernikahan mereka resmi dan Yasar bukan imigran gelap.

3 dari 4 halaman

Hukuman

Ben Emmerson, pengacara Katharine menyuruhnya bersaksi alasan melakukan itu sebagai bentuk nasionalisme, mencegah Inggris terseret perang yang melanggar hukum. Katharine ditawari kesepakatan hukuman ringan jika mengaku bersalah, tapi ia menolak.

4 dari 4 halaman

Akhir Kisah

Jaksa akhirnya membatalkan tuntutan pada Katharine. Ben menduga hal ini dilakukan, untuk menghindari opini bahwa pemerintahan PM Tony Blair menuntun pada perang yang salah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.