Sukses

5 Artis Ini Rekening Tabungannya Pernah Dibobol, ATM Asri Welas Dipakai Transaksi di Luar Negeri

Asri Welas dan sejumlah artis ini pernah menjadi korban kejahatan hingga saldo rekening tabungannya diambil orang tak bertanggung jawab. Siapa saja?

Liputan6.com, Jakarta Artis Asri Welas beberapa hari terakhir mencuri slot pemberitaan. Wanita 44 tahun ini mengaku pernah menjadi korban pembobolan rekening tabungan. Ia kaget saat mendapat notifikasi mutasi rekening. Pasalnya, terjadi penarikan beruntun dalam jumlah besar. Dari notifikasi diketahui bahwa transaksi terjadi di Hong Kong dan Tiongkok.

Ironisnya, Asri sedang berada di Indonesia, tidak bepergian ke luar negeri. Mengutip kanal Bisnis Liputan6.com Kamis (27/07/2023), Asri lantas melapor ke bank tempatnya membuka rekening. Dari hasil investigasi, terungkap bahwa pelaku kejahatan adalah kasir restoran di mana Asri sempat melakukan transaksi debit atau pakai kartu ATM di sana.

Lebih lanjut, terungkap bahwa kasir restoran ini terlibat dalam jaringan penipuan kejahatan siber level internasional. Kasir itu kemudian ditetapkan jadi tersangka.

Beberapa artis Indonesia pernah merasakan rekening tabungannya dibobol. Berikut daftarnya dirangkum Showbiz Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (28/07/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Asri Welas

Artis Asri Welas belum lama ini menceritakan pengalaman rekening tabungannya dibobol. Berawal dari Asri yang melakukan transaksi di sebuah restoran memakai kartu ATM. Tak lama kemudian, ia mendapati saldonya terus berkurang.

Ironisnya, transaksi ATM diketahui dari Hong Kong dan Tiongkok, padahal ia sedang berada di Indonesia.Beruntung pihak bank sigap membantu Asri. Selain berhasil melacak pelaku, uang Asri pun akhirnya dikembalikan.

3 dari 6 halaman

2. Zaskia Adya Mecca

Pada 2009, rekening Zaskia Adya Mecca dibobol hingga membuatnya kehilangan Rp 28 juta. Ironisnya, saat itu kartu ATM ada di tangannya. Namun saat akan dipakai, PIN yang ia masukkan selalu salah.

Nyonya Hanung Bramantyo menduga pelaku memakai modus skimmer. Kala itu ia mengaku sudah mencoba mengurus ke pihak bank, namun dianggap sebagai kelalaiannya.

4 dari 6 halaman

3. Pamela Safitri

Mantan personel Duo Serigala, Pamela Safitri pernah membuat laporan ke Polsek Kelapa Gading, Jakarta Utara pada 2017 terkait pencurian. Pamela mendapati ada transfer masing-masing Rp 7 dan 5 juta pada orang yang tak dikenal.

Pamela menduga ini dilakukan asisten yang mengetahui PIN ATM miliknya. Kemudian Pamela memutuskan memaafkan dan mencabut laporan usai pelaku minta maaf di kantor polisi.

5 dari 6 halaman

4. Andika Mahesa

Vokalis Kangen Band, Andika Mahesa terkejut saat mengetahui saldo ATM-nya berkurang hingga Rp 135 juta. Andika pun membuat laporan ke Polresta Bandar Lampung.

6 dari 6 halaman

5. Ira Riswana

Berstatus sebagai istri polisi, ira Riswana tak luput dari modus kejahatan. Pada 2017, ia sempat kehilangan Rp 235 juta. Bermula saat hendak transaksi di sebuah mesin ATM di Pekanbaru, Riau, kartunya tertelan.

Ira menghubungi nomor customer service yang ternyata sudah direkayasa penipu yang akhirnya membuat saldonya hanya tersisa Rp 15 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini