Sukses

Influencer Andy Sugiyanto Ulas Fenomena Pelari Pemula Ikut Lomba Lari, Apa Saja yang Mesti Disiapkan?

Influencer Andy Sugiyanto buka suara soal maraknya ajang lari di berbagai kota di Indonesia setelah status pandemi Covid-19 bergeser menjadi endemi.

Liputan6.com, Jakarta Coach Andy Sugiyanto buka suara soal maraknya ajang lari di berbagai kota di Indonesia setelah status pandemi Covid-19 bergeser menjadi endemi. Selain pencinta lari, ajang ini diikuti banyak pelari “hore” alias pemula.

Pertanyaan yang kemudian muncul, lari ini tren sesaat atau pertanda bahwa olahraga telah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia? Yang juga dipertanyakan publik, apa saja yang mesti diperhatian pelari “hore” saat mengikuti lomba?

Andy Sugiyanto yang dikenal sebagai influencer sekaligus coach para selebritas Tanah Air berbagi perspektif soal fenomena lari. Pesohor dengan 13 ribuan pengikut di Instagram tersebut meminta masyarakat tak mempermasalahkan lari sebagai tren sesaat atau langgeng.

“Kita menilik positifnya. Walaupun tren, ini tetap mengacu pada benefit kesehatan. Kedua, setiap individu pasti butuh olahraga apapun bentuknya. Mungkin saat ini orang cenderung mengikuti tren. Temannya lari, dia ikut lari. Temannya bersepeda, dia ikut juga,” katanya.

 

2 dari 4 halaman

Zee Zee Shahab, Dimas Seto

Perlahan tren akan membentuk karakter dan akhirnya menjadi gaya hidup. Yang tadinya tak pernah olahraga, kini terbiasa gara-gara melihat teman setiap minggu lari. Coach Andy Sugiyanto kemudian menyorot sejumlah selebritas yang kini keranjingan lari.

“Sebelum pandemi sampai sekarang pun saya melatih, banyak (artis). Zee Zee Shahab, Dimas Seto, dan beberapa lainnya. Sekarang pun, perusahaan bikin program CSR untuk karyawan (berolahraga lari). Saya handle beberapa perusahaan,” beri tahu Andy Sugiyanto.

Berbincang dengan Showbiz Liputan6.com, di sela acara Garmin Run Workshop with AminoVital di Jakarta, Sabtu (12/8/2023), ia mengingatkan pelari pemula pentingnya memahami kebutuhan tubuh sendiri saat hendak menekuni lari maupun ikut lomba.

“Untuk maraton persiapannya enggak gampang, baik fisik maupun mental. Saat lari jarak jauh, endurance perlu dipertahankan. Bagi pelari baru, nikmati prosesnya. Dari jarak pendek dulu agar badan kita bisa menerima dan beradaptasi dengannya,” ia mengingatkan.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Membangun Endurance

Andy Sugiyanto mengimbau, saat menekuni olahraga, jangan ikut-ikutan teman apalagi berambisi menjadi orang lain. Misalnya, ikut-ikutan teman mendaftar lomba half maraton padahal belum pernah sama sekali bertanding. Bahkan, ikut lomba lari jarak 5 km pun tak pernah.

“Padahal untuk pelari baru setidaknya butuh sebulan untuk membangun endurance. Bulan kedua, belajar teknik dari pace, performa, dan sebagainya. Bulan ketiga, baru fokus membuat target. Fase-fase ini mesti diperhatikan dan dipersiapkan,” tutur Andy Sugiyanto.  

Belum lagi, menyoal nutrisi sampai proses recovery tubuh setelah berlatih. Mengingat, sebelum ikut lomba lari, seseorang mesti berlatih dua hingga tiga kali dalam sepekan. Karenanya, fisik maupun mental mesti dipersiapkan sebelum melangkah ke arena.

 

4 dari 4 halaman

Biar Orang Enggak Bosan

Sebagai informasi, Garmin Run Indonesia akan digelar di Uptown Park Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Banten, 24 September 2023. Ajang ini memfiturkan empat kategori lomba yakni 5km, 10km, 21km, dan Kids Dash dengan total hadiah jutaan rupiah.

Perwakilan Garmin Indonesia, Rian Krisna, menargetkan 5.000 peserta, terbuka untuk profesional hingga pemula. Ajang ini menawarkan pengalaman lari yang berbeda. Salah satunya dengan menghadirkan jalur baru yang disiapkan langsung oleh pihak penyelenggara.

“Terkait venue, kami pengin mencari tempat baru biar orang enggak bosan. Ini semuanya, rute maupun tempat, kami kembangkan dari nol. Kami benar-benar cari rute sendiri. Kami mengeksplorasi venue sendiri,” Rian Krisna menjanjikan.

Ajang lari ini hasil kolaborasi dengan Ajinomoto lewat produk minuman suplemen nutrisi AminoVital. Corporate Media Communication Manager PT Ajinomoto Indonesia, Christina Putri, menjelaskan alasan mengapa bersedia berkolaborasi dalam lomba lari ini.

“Ajang ini sesuai visi kita, meningkatkan harapan hidup sehat satu miliar orang di seluruh dunia. Kami melihat ini hal penting untuk menginformasikan bagaimana gaya hidup sehat itu penting untuk memperpanjang harapan hidup sehat,” ia menjelaskan.

Video Terkini