Sukses

Pesan Jokowi di HUT ke-78 RI: Tahun 2030, Indonesia Memasuki Bonus Demografi

Presiden Jokowi menyampaikan pesan dalam perayaan HUT ke-787 RI. Genap 78 tahun para pendri bangsa mengantar rakyat Indonesia ke gerbang kemerdekaan.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi menyampaikan pesan khusus dalam perayaan HUT ke-78 RI lewat akun Instagram terverifikasi. Genap 78 tahun para pejuang dan pendiri bangsa mengantar rakyat Indonesia ke gerbang kemerdekaan.

Puluhan tahun sudah Indonesia merdeka. Namun cita-cita luhur masyarakat Tanah Air yang merujuk pada pembukaan Undang-undang Dasar 1945 hingga kini tak pernah berubah.

78 tahun sudah para pejuang dan pendiri bangsa: mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan, dengan cita-cita yang tak berubah sampai hari ini: menjadikan Indonesia merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” tulisnya merayakan HUT ke-78 RI.

Pesan ini disampaikan Presiden Jokowi lewat akun Instagram terverifikasi, Kamis (17/8/2023). Mempertahankan sembari mengisi kemerdekaan pun bukan perkara mudah bagi generasi penerus.

2 dari 4 halaman

Dalam Rentang 78 Tahun

Dalam rentang 78 tahun itu, Indonesia melalui rupa-rupa tantangan dan cobaan yang dapat kita lewati berkat semangat gotong-royong yang jadi sifat dasar bangsa ini. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh,” Presiden Jokowi menyambung.

Setelahnya, RI-1 mengingatkan bahwa di masa depan, tantangan tak akan mudah. Jokowi lantas menyinggung wajah Ibu Pertiwi pada 2030. Indonesia akan menghadapi bonus demografi. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Hadapi Tantangan Baru

Dan kini, kita tengah bersiap menghadapi tantangan baru di tengah persaingan antarbangsa yang kian sengit. Tahun 2030 nanti, Indonesia memasuki bonus demografi, ketika lebih dari separuh jumlah penduduk Indonesia berada pada usia produktif,” ia menambahkan.

Bonus demografi yang kian dekat mesti disambut dengan persiapan matang dan optimistis. Jokowi percaya cita-cita menjadi negara maju bukan mustahil bagi masyarakat Indonesia.

 

4 dari 4 halaman

Persiapan Matang Sedari Dini

Dengan persiapan yang matang sedari dini, saya optimistis, kita akan dapat memanfaatkan bonus demografi itu dengan baik untuk membawa Indonesia menjadi negara yang maju,” Jokowi mengingatkan.

Di pengujung pesan, Presiden Jokowi mengingatkan bahwa kesempatan hanya akan datang sekali. Tidak akan terulang lagi. Karenanya, bersiap sejak dini menyongsong 2030 adalah kunci.

Video Terkini