Sukses

Sinopsis The Eight Hundred Tayang di TV Sabtu Malam, Film Terlaris Kedua 2020 Bertema Perang Tiongkok – Jepang

Simak sinopsis film The Eight Hundred tayang di Bioskop Trans TV malam ini, Sabtu, 19 Agustus 2023 mulai pukul 21.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Film The Eight Hundred dijadwalkan tayang perdana di TV nasional malam ini, Sabtu, 19 Agustus 2023, pukul 21.00 WIB. Film bergenre historikal perang ini diangkat dari kisah nyata pertempuran antara Tiongkok dengan Jepang yang terjadi pada 1937.

The Eight Hundred tercatat sebagai film kedua terlaris di seluruh dunia sepanjang tahun 2020. Pendapatan box-office film ini disebut mencapai 5 kali budgetnya. Pendapatan film ini melampaui perolehan Bad Boys for Life hingga Tenet. Hanya kalah dari animasi Jepang, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba – The Movie: Mugen Train. Sebagai informasi, kala itu bioskop di berbagai negara dan banyak film Hollywood tunda rilis. Hanya bioskop di Tiongkok yang sejak pertengahan 2020 kembali buka dan rilis film baru.

Sineas Guan Hu yang bertindak sebagai sutradara disebut telah menyiapkan film ini lebih dari 10 tahun. The Eight Hundred yang tayang di slot Bioskop Trans TV ini juga menjadi film Tiongkok pertama sekaligus film komersial di Asia pertama yang dibuat untuk layar IMAX.

Film mengambil latar awal terjadinya perang antara Tiongkok dan Jepang yang kedua, yang masih bagian Perang Dunia kedua. Kala itu Tentara Kerajaan Jepang menyerang Shanghai, yang kemudian dikenang dengan Pertempuran Shanghai.

Simak sinopsis The Eight Hundred di halaman selanjutnya .

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3 Bulan

Dikisahkan pasukan Tiongkok berhasil membendung tentara Jepang selama tiga bulan lamanya. Namun ini juga mengakibatkan kerugian besar. Tentara Tiongkok terpaksa mundur  dikepung musuh.

Letnan Kolonel Xie Jinyuan dari Resimen ke-524  Divisi ke-88 Tentara Revolusioner Nasional , memimpin 452 perwira dan prajurit muda dengan perlengkapan seadanya. Mereka  untuk mempertahankan Gudang Sihang dari Tentara Divisi ke-3 Kekaisaran Jepang yang terdiri dari sekitar 20.000 orang. Xie tetap menjalankan “Misi Bunuh Diri” ini sesuai perintah Jenderal Chiang Kai Sek.

3 dari 4 halaman

Para Pemain

Film ini dibintangi oleh artis Tiongkok. Aktor Du Chun memerankan Xie Junyuan. Selain itu juga diperkuat oleh Huang Zhizhong, Oho Ou, Jiang Wu, Zhang Yi, Wang Qianyuan, Vision Wei, Li Chen, Yu Haoming, Tang Yixin, and Zheng Kai.

4 dari 4 halaman

Penghargaan

Tak cuma sukses komersial, The Eight Hundred juga mendapat pujian dari pengamat film. Film ini juga menang ajang penghargaan Amerika, Golden Reel Awards untuk kategori Film Berbahasa Asing dengan Penyuntingan Suara Terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.