Sukses

RM BTS Bantah Dugaan Islamofobia terkait Lagu Frank Ocean, Diam-Diam Pantau Kericuhan di Medsos

RM BTS sempat membagikan lagu Bad Religion dari Frank Ocean yang diduga sebagian orang mengandung sentimen Islamofobia.

Liputan6.com, Jakarta Setelah kurang lebih dua minggu, RM BTS akhirnya buka suara soal kontroversi yang menyeret namanya terkait lagu Fran Ocean, “Bad Religion.” Seperti diketahui, kala itu sang leader BTS membagikan lagu ini di media sosialnya.

Hanya saja, “Bad Religion” selama ini juga menjadi perdebatan, karena diduga memiliki sentimen Islamofobia dalam liriknya.

 

“He said "Allahu akbar"

I told him, "Don't curse me"

"Bo Bo, you need prayer"

I guess it couldn't hurt me

If it brings me to my knees, it's a bad religion”

 

Begitu petikan lirik yang dipermasalahkan sejumlah pihak. Kontroversi soal ini tentu berkobar di media sosial. RM rupanya juga mengetahui soal hal ini. RM menanggapinya dalam Weverse Live yang digelar 30 Agustus lalu.

Dilansir dari SBS Star, ia membantah anggapan bahwa ia menghina agama tertentu. “Oke, ada dari kalian yang terus berpendapat bahwa aku menghina sebuah agama. Tapi aku enggak melakukannya,” kata dia.

2 dari 4 halaman

RM BTS: Tak Ada Niat Menyinggung Agama Tertentu

RM juga menjelaskan bahwa ia paham dengan huru-hara yang terjadi di media sosial. “Aku tahu apa yang terjadi di media sosial. Aku bisa melihatnya. Dan…Aku harus mengatakan niatku tidak untuk menyinggung agama tertentu,” kata dia.

RM melanjutkan, “Sama sekali tidak ada niat untuk menyinggung agama tertentu, tidak satu persen pun.”

Soal “Bad Religion,” RM menegaskan ini hanyalah lagu. “Guys…Ini adalah sebuah lagu. Aku tak akan minta maaf. Aku hanya akan menyampaikan ini. Maksudku,  aku sudah berusia 30 tahun, dan aku mampu menyampaikan pemikiranku,” kata dia.

Ia juga minta publik untuk tak lagi melempar spekulasi.

3 dari 4 halaman

Tetap Akan Ditangkap Berbeda

RM mengakui, bahwa apa pun pernyataan yang ia sampaikan, akan ada orang di luar sana yang menangkapnya secara berbeda.

“Bahkan ketika aku mengungkap kebenaran, aku tak akan bisa meyakinkan semua orang di luar sana. Masih akan ada yang berkata, ‘Oh, kamu bohong. Kamu berniat menghina kami/ mereka kan.’ Aku enggak pernah melakukannya,” kata dia.

4 dari 4 halaman

RM BTS: Buat Apa Aku Berbohong

RM berkali-kali menekankan bahwa ia sama sekali tidak punya pikiran untuk menghina suatu agama.

“Aku paham dengan pernyataan kalian, tapi buat apa aku berbohong kepada kalian? Saat ini aku jujur. Kumohon percayalah kepadaku,” kata dia.

Video Terkini