Sukses

Ade Fitrie Kirana Sebut Transparansi Pemerintah Wujud Tanggung Jawab Kepada Pemilih

Ade Fitrie Kirana membahas transparansi pemerintahan sebagai salah satu prinsip utama dalam tata kelola pemerintahan yang baik.

Liputan6.com, Jakarta Ade Fitrie Kirana menyampaikan pentingnya keterbukaan pemerintah dalam segala aspek penyelenggaraan pemerintahan yang berhubungan dengan kepentingan umum, baik itu kebijakan, anggaran, maupun pelayanan publik.

Bintang sinetron Islam KTP SCTV ini menambahkan, transparansi pemerintahan merupakan salah satu prinsip utama dalam tata kelola pemerintahan yang baik.

"Di negara demokrasi, transparansi pemerintah adalah kunci dalam pembangunan untuk mewujudkan tujuan negara yakni memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Ade Fitrie Kirana saat dihubungi pewarta pada Sabtu, (16/9/2023).

"Ini adalah prinsip yang menuntut pemerintah untuk beroperasi secara terbuka, jujur, dan terbuka untuk pengawasan publik," dia menuturkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menuju Pesta Demokrasi

Pesta demokrasi Pemilu 2024, disebutkan Ade Fitrie Kirana, menjadi saat bagi masyarakat untuk menilai kinerja calon legislatif yang sebelumnya pernah berada di pemerintahan.

Beberapa hal yang menjadi indikatornya adalah apakah mereka membuat keputusan yang berpihak pada rakyat dan terbuka melaporkan kenaikan kekayaan selama menjabat.

 

3 dari 4 halaman

Menjaga Akuntabilitas

"Jadi jelas, bahwa transparansi laporan kekayaan membantu menjaga akuntabilitas pejabat pemerintah. Dengan memungkinkan publik untuk mengawasi tindakan dan kebijakan pemerintah, korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan dapat dicegah," artis yang juga caleg dari Partai NasDem ini memaparkan.

"Pemerintah yang transparan lebih cenderung bertanggung jawab atas tindakan mereka," Ade Fitrie Kirana melanjutkan.

 

4 dari 4 halaman

Jujur dan Terbuka

Ade Fitrie Kirana menilai, saat warga merasa bahwa pemerintah bekerja secara jujur dan terbuka, mereka lebih mungkin mendukung kebijakan dan lembaga pemerintah.

"Dimana transparansi pemerintahan sebagai kondisi di mana pemerintah bersedia memberikan informasi kepada masyarakat secara terbuka dan jujur. Informasi tersebut meliputi informasi tentang kebijakan, anggaran, pelayanan publik, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dalam sektor yang berhubungan dengan kesejahteraan umum," dia memungkasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini