Sukses

Oppenheimer Karya Christopher Nolan Resmi Jadi Film Biopik Terlaris Sepanjang Masa, Segini Pendapatannya

Pada akhir pekan kemarin, film Oppenheimer karya terbaru dari Christopher Nolan resmi menjadi film biopik terlaris sepanjang masa, mengalahkan Bohemian Rhapsody yang rilis pada tahun 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah 2 bulan sejak pengumuman perilisan tanggal internasional, Oppenheimer kembali mencetak rekor box office pada akhir minggu ini sebagai film biopik terlaris sepanjang masa.

Sampai artikel ini ditulis, Oppenheimer telah berhasil meraup keuntungan sekitar US$912,7 juta (Rp 14 triliun), mengalahkan rekor dari karya sebelumnya yang dipegang oleh Bohemian Rhapsody, yang mendapatkan US$910,8 juta (Rp13,9 triliun) pada tahun 2018.

Melansir dari Variety, film ini merupakan rekor terbaru untuk film Christopher Nolan yang memiliki latar Perang Dunia II. Sebelumnya, Oppenheimer yang dibintangi oleh Cillian Murphy sebagai "bapak bom atom," terus menghancurkan ekspektasi dan menjadi film terlaris ketiga tahun ini di belakang Barbie (US$1,41 miliar) dan The Super Mario Bros. Movie (US$1,36 miliar).

Oppenheimer sendiri mengisahkan tentang seorang fisikawan teoritis Amerika, J. Robert Oppenhemier (Cillian Murphy), yang memimpin pengembangan bom atom untuk membantu mengakhiri Perang Dunia II. Film ini juga melibatkan Robert Downey Jr, Matt Damon, Emily Blunt, Florence Pugh, dan Alden Ehrenreich.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Menuai Kritik Karena Ada Beberapa Dialog Yang Kurang Jelas

Meskipun Oppenheimer telah mendapatkan banyak pujian, film ini juga sempat menuai kritik karena suara yang dihasilkan dari kamera IMAX terlalu bising, sehingga membuat beberapa orang mungkin kesulitan untuk mendengar dialog dalam film bergenre drama historis tersebut.

Nolan mengaku tidak melakukan perekaman ulang suara pada dialog yang diucapkan oleh para aktor. Dirinya memilih untuk memakai suara yang benar-benar terekam di lokasi syuting dengan menambahkan beberapa backsound agar adegan-adegan yang diciptakan terasa lebih realistis.

"Saya lebih suka menggunakan penampilan yang diberikan pada saat itu, daripada aktor menyuarakannya kembali di kemudain hari. Ini adalah pilihan artistik yang tidak disetujui oleh sebagian orang, dan itu adalah hak mereka," tuturnya, mengutip dari Digital Spy.

3 dari 3 halaman

Penayangan Film Oppenheimer Di Platform Digital

Sayangnya, film Oppenheimer belum bisa ditonton di platform streaming manapun dalam waktu dekat. Namun, Nolan mengatakan akan berencana menayangkan film tersebut di sana pada bulan Oktober hingga November mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini