Sukses

Grand Final SuperAdventure Superpreneur 2023, 25 Entrepreneur Muda Terbaik Indonesia Bersaing

SuperAdventure Superpreneur 2023 telah mencapai babak Grand Final dengan mengumpulkan 25 finalis.

Liputan6.com, Jakarta Ajang kompetisi SuperAdventure Superpreneur 2023 telah mencapai babak Grand Final dengan mengumpulkan 25 finalis yang merupakan para entrepreneur muda terbaik dari seluruh Indonesia. Para finalis ini adalah pemenang dari babak final regional yang digelar di lima wilayah berbeda, termasuk Jawa Barat, luar pulau Jawa, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jabodetabek. Mereka sekarang bersaing untuk meraih gelar Superpreneur dan hadiah senilai total Rp 750 juta.

Puncak acara Grand Final SuperAdventure Superpreneur 2023 dijadwalkan berlangsung pada Minggu, 22 Oktober mendatang, di Pos Bloc, Jakarta Pusat. Sehari sebelumnya, para finalis akan menjalani proses penjurian, dan pada tanggal 22 Oktober, mereka akan menggelar showcase yang terbuka untuk umum. Acara ini akan diramaikan oleh pertunjukan musik, games, bazaar, dan fashion show.

Para finalis akan memamerkan beragam jenis bisnis, mulai dari pakaian, kafe, bisnis kreatif, makanan & minuman, jasa, pertanian, otomotif, hingga manufaktur, untuk dinilai oleh para juri.

Ke-25 finalis terpilih melalui seleksi yang ketat oleh para juri yang terdiri dari ekspert dan pebisnis muda sukses. Para juri tersebut antara lain Sammy Bramantyo, Co-Founder Lawless Jakarta; Jeffry Jouw, Co-Founder USS Networks & Kick Avenue; Nadia Amalia, Co-Founder & CEO Sribuu; Vidi Nurhadi, Founder Maternal; dan Sayed Muhammad, Co-Founder & CEO USS Networks, yang juga menjabat sebagai kepala juri SuperAdventure Superpreneur tahun ini.

Sammy Bramantyo, salah satu juri, mengungkapkan bahwa proses penjurian di babak regional Jawa Barat dan luar pulau Jawa penuh dengan kejutan. Dia mengapresiasi keragaman konsep bisnis para finalis dan menekankan bahwa banyak bisnis dapat menjawab masalah sosial saat ini, seperti keberlanjutan, daur ulang, dan pemberdayaan masyarakat lokal.

“Ada brand-brand yang gue pikir ‘wah gila, ini sih udah enggak perlu ikutan Superpreneur pun udah jadi’. Tapi mereka masih menganggap kalau ikut di Superpreneur ini bisa menjadi sesuatu buat mereka dan merupakan sebuah achievement baru buat mereka. Selain dari konsep, banyak juga bisnis yang bisa menjawab permasalahan yang terjadi di masyarakat belakangan ini. Misalnya campaign sustainability, juga ada tentang recycle, ada yang pemberdayaan pekerja-pekerja lokal, dan lain-lain," ujar Sammy dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Sabtu (14/10/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ide Bisnis Kreatif

Para finalis SuperAdventure Superpreneur 2023 menunjukkan ide bisnis kreatif dan inovatif. Salah satunya adalah Conture Concrete Lab yang mengubah sampah residu menjadi komponen bahan beton. Kisai Entertainment, rumah produksi komik digital, juga menarik perhatian dengan lebih dari 75 judul yang telah dihasilkan dalam enam tahun.

Aloysius Dwiwoko Hertiyono dari SuperAdventure mengapresiasi finalis atas prestasi mereka dan berharap bahwa semangat petualangan dan rasa bangga lokal harus menjadi hal utama yang dimiliki oleh para finalis.

“Para peserta maupun finalis SuperAdventure Superpreneur 2023 memiliki konsep bisnis yang menarik dan inovatif, bahkan beberapa diantara mereka punya konsep yang anti-mainstream. Potensi dan kualitas entrepreneur muda di tahun ini pun merata di setiap regionalnya. Kami berharap hal ini menjadi angin segar bagi dunia wirausaha Tanah Air untuk tetap berjaya di negeri sendiri hingga bisa go international,” ungkap pria yang karib disapa Tiyok.

 

3 dari 4 halaman

Kreatif dan Inovatif

Berbagai ide bisnis kreatif dan inovatif ditunjukkan oleh para peserta. Salah satunya berasal dari kategori creative business, yakni brand Conture Concrete Lab yang digagas Febryan Tricahyo. Salah satu finalis dari Regional Jawa Barat ini memiliki studio desain produk dan material lab yang dapat mengolah sampah residu menjadi material komponen berbahan dasar beton. Tak main-main, usaha yang ditekuni Febryan sejak 2010 tersebut, telah digunakan para arsitek kenamaan di berbagai tempat seperti di Gelora Bung Karno Jakarta (outdoor bench), Taman Asean Jakarta, hingga Desa Potato Head, Bali.

"Berbagai project tersebut menggunakan rejected plastic waste. Berlandaskan sebuah studio desain produk berbasis material beton, Conture Concrete Lab yang terdiri dari para desainer dan periset material mencoba melakukan pengolahan sampah residu yang dikembangkan menjadi material baru, bernilai fungsi dan ekonomi yang lebih, dirancang dan diproduksi dengan kualitas yang baik,” ucap Febryan.

Febryan dan rekan-rekannya optimistis dapat menjadi juara SuperAdventure Superpreneur 2023. Bukan hanya untuk meraih hadiah semata, tapi ia meyakini bahwa ajang ini dapat menjadi wadah untuk memperluas relasi hingga mengenalkan lebih jauh bisnisnya tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Jasa

Sementara ide bisnis menarik lainnya berasal dari kategori jasa, yaitu Kisai Entertainment yang dikelola oleh Tessa Yadawaputri. Brand yang lolos sebagai finalis dari regional Jabodetabek ini merupakan rumah produksi komik digital atau webtoon yang telah menghasilkan lebih dari 75 judul dalam kurun waktu kurang lebih enam tahun. Didirikan sejak tahun 2017, Tessa optimis industri komik dapat duduk sejajar dengan industri kreatif lainnya di Indonesia.

“Kami berfokus menciptakan karya terbaik yang ceritanya original ditulis langsung oleh writer kami, atau adaptasi dari novel, game, hingga film. Seluruh proses pembuatan komik kami mulai dari story, script, storyboard, lineart, color, 3D background, hingga finishing dilakukan dengan quality control yang ketat demi menghasilkan Webtoon yang tak cuma punya visual mengagumkan, tapi juga cerita yang tak lekang oleh waktu,” ungkap Tessa.

Tessa mengatakan, klien Kisai Entertainment tidak hanya datang dari Indonesia saja, tapi sudah go internasional karena sudah masuk ke pasar benua Asia, Eropa, hingga Amerika. Meski telah merambah ke market dunia, namun seluruh kru dan SDM di Kisai Entertainment murni berasal dari bakat-bakat muda Indonesia.

Jangan lewatkan keseruan Grand Final SuperAdventure Superpreneur 2023 yang akan menghadirkan berbagai acara menarik seperti pertunjukan musik, permainan, bazaar, sesi jaringan, fashion show, dan masih banyak lagi. Acara ini juga akan menampilkan penampilan khusus dari Rimba (Supermusic Superstar 2023 kategori musik), Rifkyikiw (Supermusic Superstar 2021 kategori seni), serta Efek Rumah Kaca sebagai bintang tamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini