Sukses

Gelar Lomba Pianica Nasional Tingkat SD Demi Kemajuan Talenta Muda Indonesia, Distributor Alat Musik Ini Digandeng Pusat Prestasi Nasional

Lomba Pianica Nasional yang menyasar pada peserta tingkat sekolah dasar ini dilangsungkan mulai 1 Oktober hingga 31 Desember 2023 dengan tema 'Ekspresikan Cinta Tanah Air dan Budaya Indonesia dengan Bermusik Pianica'.

Liputan6.com, Jakarta Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbudristek dan Pengurus Besar Persatuan Drum Band Indonesia (PB PDBI) yang merupakan induk organisasi untuk olahraga drum band, marching band, di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pusat, menyelenggarakan Lomba Pianica Nasional dengan menggandeng PT Yamaha Musik Indonesia Distributor.

Lomba yang menyasar pada peserta tingkat sekolah dasar ini dilangsungkan mulai periode 1 Oktober sampai dengan 31 Desember 2023. Pemenangnya akan diumumkan pada 31 Januari 2024 di Portal Kemdikbudristek dan Yamaha Musik Indonesia. Para penyelenggara melombakan dua kategori, yaitu kategori Solo dan kategori Ansembel.

Tema yang dipilih pada lomba ini adalah “Ekspresikan Cinta Tanah Air dan Budaya Indonesia dengan Bermusik Pianica”. Cara mengikuti lomba ini cukuplah mudah, para peserta tinggal mengisi form pendaftaran melalui tautan yang telah ditetapkan (bit.ly/Lomba_Pianica).

Setelah itu peserta mengunggah video di kanal YouTube masing-masing dengan format judul: Lomba Solo/Ansambel Pianica SD Yamaha 2023 – Jenis Lomba – Nama SD – Nama Kota/Kabupaten – Nama Provinsi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bangsa yang Berbudaya dan Seni Bermain Pianica

Menelusuri jauh ke belakang, bangsa yang mengapresiasi seni merupakan bangsa yang berbudaya. Seni bermain pianica pun diajarkan sebagai bagian dari kurikulum seni pada pendidikan dasar di Indonesia karena relatif mudah dijumpai, ringan dibawa, serta relatif mudah dipahami cara memainkannya.

Instrumen pianica atau pianika, menjadi instrumen ataupun media ajar utama bagi para pengajar musik di Indonesia. Itulah alasan dasar PT Yamaha Musik Indonesia Distributor menyelenggarakan Lomba Pianica Nasional, dan kegiatan seni ini mendapat dukungan yang besar dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbudristek.

Dalam acara penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara PT Yamaha Musik Indonesia Distributor dengan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbudristek yang dilakukan di kantor Kemdikbud, Kamis (2/11/2023) kemarin, Hendarman M.Sc.,Ph.D selaku Plt. Kepala Puspresnas (Kapus) menyatakan dukungannya terhadap kegiatan ini.

“Kami di Puspresnas menyambut baik kegiatan Lomba Pianica Nasional ini karena kegiatan ini sesuai dengan tujuan dari bidang Manajemen Talenta Nasional yang mempunyai tiga bidang yaitu riset dan inovasi, olahraga dan satu lagi yaitu seni budaya. Jadi kegiatan ini kami masukan di bidang seni budaya,” tutur Hendarman.

“Kegiatan ini sangat penting karena menyasar pada peserta anak-anak SD, karena bakat-bakat itu dimulai pada usia muda dan itu lebih mudah untuk ditumbuhkembangkan. Saya mengapresiasi kontribusi yang dilakukan PT Yamaha Musik Indonesia Distributor yang selalu mendukung dan peduli terhadap perkembangan seni budaya anak-anak Indonesia,” jelas Hendarman lagi.

"Saya sendiri berharap lomba-lomba seperti ini bisa diikuti oleh peserta dari luar Jawa, dari timur Indonesia dan seantero Nusantara. Jadi, tidak hanya dari pulau Jawa saja," tambahnya.

 

3 dari 4 halaman

Bentuk Dukungan Puspresnas terhadap Lomba Pianica Nasional

Lebih jauh lagi, Hendarman M.Sc.,Ph.D juga menjelaskan bentuk dukungan Puspresnas terhadap kegiatan Lomba Pianica Nasional ini.

“Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dan peletakan logo kami mungkin juga bisa meyakinkan publik bahwa kementerian ini punya kepedulian dan ingin bersama-sama bergerak dengan komunitas dan pemangku kepentingan untuk bergerak," jelas Hendarman.

"Dan kemudian, kami juga mendukung lewat aplikasi kurasi (kurasi-prestasi.kemdikbud.go.id) dengan melakukan pengakuan secara nasional dari pemerintah sebagai lomba yang tidak sekadar berorientasi bisnis seperti banyak lomba-lomba yang lain," terangnya melanjutkan.

"Ketika sudah dikurasi oleh Puspresnas, maka lomba ini akan masuk di database kami yang namanya Sistim Informasi Manajemen Talenta (simt.kemdikbud.go.id ),” tutupnya.

 

4 dari 4 halaman

Sambutan Positif Atas Dukungan dari Pemerintah Melalui Puspresnas

Pihak PT Yamaha Musik Indonesia Distributor sebagai penyelenggara lomba sangat menyambut positif dukungan dari pemerintah melalui Puspresnas. Perwakilan mereka yang hadir pada penandatangan Perjanjian Kerjasama, menyampaikan harapan agar lomba ini dapat memfasilitasi sekaligus memicu motivasi.

Baik para pengajar seni bermain Pianica, maupun bagi siswa ajar bermain Pianica. Karena lomba yang diselenggarakan dengan baik juga dapat menjadi wadah benchmarking yang efisien dan efektif. Di mana standar bermain Pianica yang baik dapat disosialisasikan dengan menarik dan cepat.

Presiden Direktur PT Yamaha Musik Indonesia Distributor, Osamu Izawa sendiri sangat mengapresiasi kesempatan yang diberikan untuk berkontribusi terhadap pendidikan musik di Indonesia. Hal ini sejalan dengan salah satu kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) dari Yamaha Musik. Diharapkan, ajang kompetisi ini bisa menjadi wadah pengembangan bakat dan prestasi peserta didik di bidang seni (Seni Musik).

Sementara itu, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka (Ketua Umum) Pengurus Besar Persatuan Drum Band Indonesia (PB – PDBI), menyambut baik kegiatan lomba tersebut karena Pianica adalah salah satu alat musik penunjang kegiatan drum band maupun marching band. Baik di sekolah, maupun di komunitasnya.

Kegiatan lomba seperti ini juga menciptakan ekosistem yang baik sebagai ajang lomba tingkat dasar, di mana satuan pendidikan (sekolah), termotivasi untuk mengembangkan talenta peserta didik di sekolah dan kemudian bisa berlanjut ke ajang-ajang tingkat yang lebih tinggi (misalnya tingkat nasional) lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini