Sukses

Once Mekel Dukung ILUNI UI Inisiasi untuk Membuat Ruang Politik Sehat Jelang Pemilu 2024

Once Mekel merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI).

Liputan6.com, Jakarta Once Mekel, musisi ternama yang juga merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI), memberikan dukungan yang kuat terhadap inisiatif Komitmen Bersama Ruang Politik Sehat yang digagas oleh Ikatan Alumni UI (ILUNI UI).

Dalam upaya memperkuat kontribusi terhadap almamater dan bangsa, ILUNI UI secara khusus mengajak para alumni, seperti Once Mekel, untuk turut serta dalam memajukan prinsip-prinsip yang mendorong keberlangsungan demokrasi yang sehat.

"Ruang Politik Sehat yang diusung oleh ILUNI UI merupakan wadah yang penting untuk mengupayakan penyelenggaraan pemilu yang adil dan transparan," ungkap Once Mekel dalam acara yang berlangsung di Jakarta pada Jumat, (17/11/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengamalkan

Dalam menghadapi Pemilu 2024, ILUNI UI merasa tanggung jawab untuk mengamalkan nilai-nilai kejujuran dan menolak segala upaya yang dapat melemahkan proses demokrasi, termasuk intervensi hukum dan bentuk-bentuk penipuan yang mungkin terjadi.

"Keberlangsungan demokrasi kita harus didasari oleh prinsip-prinsip yang transparan dan akuntabel," tegas Once, yang kali ini juga berpartisipasi sebagai calon legislator.

 

3 dari 4 halaman

Fokus Pada Pemilu

Inisiatif Komitmen Ruang Politik Sehat yang dicanangkan oleh ILUNI UI tidak hanya berfokus pada Pemilu itu sendiri. Namun, juga melibatkan berbagai pihak yang memiliki kepentingan untuk menjaga aspek kebebasan dan keadilan dalam proses demokrasi.

"Penting untuk menegaskan bahwa politik dan demokrasi harus senantiasa menghormati nilai-nilai moral dan etika," papar Once, yang saat ini didukung oleh PDI Perjuangan di Daerah Pemilihan Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Luar Negeri.

 

4 dari 4 halaman

Ruang Politik

Selain menyuarakan perlindungan terhadap hak asasi manusia dan keadilan, Komitmen Ruang Politik Sehat juga mengadvokasi pemanfaatan teknologi guna memperbaiki mutu demokrasi di Indonesia.

Langkah tersebut diumumkan pada tanggal 16 November 2023 di Kampus UI Salemba, Jakarta, sebagai bentuk nyata dari komitmen ILUNI UI dalam memajukan demokrasi yang berkualitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.