Sukses

Once Mekel Mengajak Generasi Z untuk Memperdalam Cinta pada Indonesia Melalui Festival Kebangsaan

Once Mekel ajak Gen Z cintai Indonesia lewat Festival Kebangsaan.

Liputan6.com, Jakarta Partisipasi Once Mekel dalam Festival Kebangsaan di Lampung yang memperingati Hari Pahlawan bulan November lalu menjadi momen penting. Sebagai pembicara dalam dialog kebangsaan dengan tema 'Musik dalam Gerakan Kebangsaan', kehadirannya bersama para tokoh lainnya seperti Sujiwo Tejo, Alffy Rev, dan Novia Bachmid menandai pentingnya diskusi mengenai Indonesia.

Bagi Once Mekel, dialog kebangsaan ini menjadi kesempatan untuk memperkuat rasa cinta pada tanah air, terutama bagi generasi Z, melalui pendekatan yang menyenangkan, yakni melalui musik. Menurutnya, musik memiliki peran besar dalam membangun kesadaran akan perjuangan bangsa serta menggalang persatuan.

"Dalam merajut bangsa, musik memiliki kekuatan untuk membangkitkan semangat kita dalam menjaga, menghargai, dan menyatukan Indonesia," ujar Once Mekel kepada Liputan6.com, baru-baru ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Potensi Kreatif

Dia juga menambahkan, "Peningkatan potensi kreatif dan kemandirian masyarakat Indonesia adalah kunci untuk kemajuan bangsa."

 

3 dari 4 halaman

Semangat Nasionalisme

Once Mekel menegaskan bahwa festival musik seperti ini juga memperkenalkan dan mengangkat musik-musik tradisional daerah setempat, yang pada gilirannya mengokohkan semangat nasionalisme di antara generasi muda.

"Pesan yang ingin disampaikan melalui festival ini adalah pentingnya generasi muda untuk mencintai dan menghargai kekayaan seni dan budaya Indonesia sebagai kekuatan bersama," jelasnya.

 

4 dari 4 halaman

Naluri Manusiawi

Bagi Once Mekel, seni, terutama musik, memiliki kemampuan untuk merangsang naluri manusiawi, membangun empati, dan menguatkan persatuan. Dia percaya bahwa musik bisa berperan sebagai sarana pengikat bagi seluruh bangsa.

Sebagai informasi tambahan, Once Mekel, musisi yang lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, telah lama terlibat dalam industri musik, bahkan sejak masa sekolah. Keputusannya untuk beralih ke karier solo setelah perjalanannya bersama Dewa 19, serta keikutsertaannya dalam ranah politik sebagai caleg untuk dapil Jakarta 2 menunjukkan keberagaman peran dan minatnya dalam membangun Indonesia yang lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.