Sukses

Kaleidoskop 2023: 10 Film Indonesia Terlaris Tahun Ini, Dominasi Sewu Dino Berbayang Di Ambang Kematian

Daftar 10 film Indonesia terlaris 2023 dipimpin film Sewu Dino karya sineas Kimo Stamboel. Di posisi runner-up, Di Ambang Kematian dari cerita viral @jeropoin.

Liputan6.com, Jakarta Dominasi horor dalam daftar 10 film Indonesia Terlaris 2023 masih terasa. Pasalnya dari 10 film yang menyerap jutaan penonton, 6 di antaranya bergenre memedi dengan Sewu Dino sebagai jawara. Sisanya diiisi drama penguras air mata dan sekuel yang dinanti 23 tahun lamanya.

Di takhta tertinggi, ada Sewu Dino karya sineas Kimo Stamboel yang diadaptasi dari cerita viral SimpleMan. Di posisi runner-up, Di Ambang Kematian dari cerita viral @jeropoin di Twitter yang menggemakan tagar #DimanaNadia.

Laporan khas Showbiz Liputan6.com menampilkan Kaleidoskop 2023 edisi 10 Film Indonesia Terlaris 2023. Terlepas dari kekurangan dan kelebihannya, harus diakui 10 film ini berperan besar menumbuhkan industri sinema Indonesia era endemi.

Data ini disusun Jumat (22/12/2023) dalam Kaleidoskop Showbiz 2023. Patut dicatat, pekan ini ada dua kandidat box office lain yang berpotensi tembus sejuta penonton lebih yakni Siksa Neraka (Dee Company) dan Layangan Putus The Movie (MD Pictures). Berhasilkah? Kita lihat saja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Sewu Dino (4,89 juta penonton)

Sutradara: Kimo Stamboel untuk MD Pictures

Dirilis pada libur Lebaran 2023, Sewu Dino menyodok peringkat pertama tangga box office dengan angka meyakinkan 4,8 juta penonton. Saat artikel ini disusun, Jumat (22/12/2023), film yang dibintangi Mikha Tambayong dan Rio Dewanto ini belum ada lawan.

Sewu Dino dari cerita viral Simple Man mengisahkan Sri (Mikha) yang bekerja di rumah Karsa Atmojo (Karina Suwandi) dengan gaji menjanjikan. Di luar dugaan, Sri dan dua pembantu lainnya dipekerjakan untuk memandikan Della (Gisellma Firmansyah) yang konon kemasukan setan.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 11 halaman

2. Di Ambang Kematian (3,30 juta penonton)

Sutradara: Azhar Kinoi Lubis untuk MVP Pictures

Seperti Sewu Dino, Di Ambang Kematian diusung dari cerita viral @jeropoin. Film yang diperkuat Rifnu Wikana, Kinaryosih, Wafda Saifan, dan Taskya Namya ini mengisahkan keluarga penganut pesugihan kandang bubrah.

Sinyal sukses Di Ambang Kematian menyala sejak hari pertama penayangan, Kamis (28/9/2023). Film ini mengumpulkan 91 ribuan penonton. Lajunya tak terbendung hingga menduduki posisi runner-up box office Indonesia.

 

4 dari 11 halaman

3. Air Mata Di Ujung Sajadah (3,12 juta penonton)

Sutradara: Key Mangunsong untuk Beehave Pictures

Inilah kuda hitam sinema Indonesia tahun ini. Di tengah dominasi horor, mendadak muncul melodrama ibu kandung mencari anak dengan barisan pemain yang memang identik dengan drama: Titi Kamal, Fedi Nuril, dan Citra Kirana.

Air Mata di Ujung Sajadah “hanya” meraih 56 ribuan penonton pada hari pertama penayangan, 7 September 2023. Viralitas yang organik membuatnya bertahan lama di bioskop hingga berakhir di angka fantastis 3,1 juta penonton.

 

5 dari 11 halaman

4. 172 Days (3,01 juta penonton)

Sutradara: Hadra Daeng Ratu untuk Starvision Plus

Film 172 Days dengan Bryan Domani juga Yasmine Napper di garis depan diangkat dari kisah nyata pernikahan Ameer Azrika dan Nadzira Shafa. Belum setahun menikah, Ammer Azrika meninggal dunia setelah berhari-hari dirawat di rumah sakit.

Kisah cinta ini mahsyur di kalangan anak muda zaman now. Tak heran jika 172 Days sanggup mengharu biru hati 185 ribuan penonton. Saat artikel ini disusun, ia telah meraup 3,01 juta penonton dan bertengger di posisi keempat daftar film Indonesia terlaris 2023.

 

6 dari 11 halaman

5. Petualangan Sherina 2 (2,41 juta penonton)

Sutradara: Riri Riza untuk Miles Films

Tak perlu kaget mendengar kabar Sherina dan Sadam mengoleksi 256 ribuan atensi penonton pada hari pertama penayangan. Maklum, sekuel ini telah ditunggu 23 tahun lamanya dan sukses mengajak penggemar garis keras Petualangan Sherina bernostalgia di layar lebar.

Catatan 2,4 juta penonton disempurnakan dengan prestasi lain. Petualangan Sherina 2 serta “Mengenang Bintang” jadi penelusuran trending di Google Indonesia sepanjang 2023 untuk kategori film atau serial TV dan lirik lagu. Bukan main, daya pikat duet maut Sherina-Sadam.

 

7 dari 11 halaman

6. Waktu Maghrib (2,40 juta penonton)

Sutradara: Sidharta Tata untuk Rapi Films

Salah satu kunci sukses horor adalah kedekatan tema dengan calon penonton. Waktu Maghrib (dirilis pada 9 Februari 2023), contoh ideal tentang tema yang menahun jadi bagian dari kultur masyarakat, diejawantahkan ke dalam horor ciamik plus karakter ikonis, Bu Woro.

Penampakan arwah Bu Woro (Aulia Sarah) lengkap dengan jilbab dan muka “beruntusan” jadi momen yang membekas di benak penonton. Dimulai dengan 60 ribuan penonton pada hari pertama, Waktu Maghrib berakhir “ngeri” bersama 2,4 jutaan pasang mata. Enggak nyangka banget!

 

8 dari 11 halaman

7. Suzzanna: Malam Jumat Kliwon (2,18 juta penonton)

Sutradara: Guntur Soeharjanto untuk Soraya Intercine Films

Intrepretasi ulang film klasik Malam Jumat Kliwon (1985) ini sangat diantisipasi pencinta genre memedi se-Indonesia. Mereka menunggu adegan Suzzanna disantet hingga melahirkan anak dari punggung. Ya, adegan ikonis punggung meletus lalu keluar bayi berlumur darah itu gongnya!

Luna Maya dan tim mengeksekusi adegan mengerikan ini dengan brilian. Tak sesukses Bernapas Dalam Kubur (2018) memang. Namun pencapaian 2,18 juta penonton yang ditorehkan Suzzanna: Malam Jumat Kliwon jelas layak diapresiasi dan dibanggakan. Salut!

 

9 dari 11 halaman

8. Sijjin (1,93 juta penonton)

Sutradara: Hadrah Daeng Ratu untuk Rapi Films

Tahun 2023 momen emas bagi sineas Hadrah Daeng Ratu. Dua karyanya yang dirilis pada November 2023 mencetak box office. Film 172 Days tembus 3 juta penonton sementara Sijjin beroleh 1,9 jutaan.

Bahkan ada satu minggu di mana 172 Days dan Sijjin mendapat jumlah jam pertunjukan terbanyak saking penonton membeludak. Sijjin yang diadaptasi dari horor Turki ini diperkuat performa memikat Anggika Bolsterli.

 

10 dari 11 halaman

9. Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul (1,68 juta penonton)

Sutradara: Awi Suryadi untuk MD Pictures

Salah satu momen seram dalam Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul yakni ketika Hao (Deva Mahenra) berada di toko baju. Ia melihat Walisdi (Iwa K) melintas dan “amblas” di ruang ganti yang tertutup tirai. Tirai putih itu lantas ditarik Hao dan perlahan berubah jadi kafan.

Adegan di siang bolong ini sukses menggedor nyali penonton. Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul salah satu mahakarya Awi Suryadi. Sayang, performanya di tangga box office tak sedahsyat KKN di Desa Penari. Namun, angka 1,6 jutaan penonton jelas tak mengecewakan.

 

11 dari 11 halaman

10. Ketika Berhenti Di Sini (1,61 juta penonton)

Sutradara: Umay Shahab untuk Sinemaku Pictures

Kisah sukses Kukira Kau Rumah menyemangati Prilly Latuconsina untuk memproduksi film berikutnya, Ketika Berhenti Di Sini yang dilepas ke pasar pada 27 Juli 2023. Akting Prilly Latuconsina diadu dengan Bryan Domani, Refal Hady, hingga Widyawati.

Drama soal kehilangan bersalut nuansa fantasi belum banyak di Indonesia. Karenanya, pencapaian 1,61 juta penonton yang didapat Ketika Berhenti Di Sini terasa spesial. Itu masih ditambah plakat Lilik Sudjio kategori Film Pilihan Penonton dari FFI 2023.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini