Sukses

Inul Daratista Protes Sandiaga Uno Soal Pajak Hiburan Bakal Naik 40-75 Persen: Hitungannya Gimana?

Inul Daratista melayangkan nota protes ke Sandiaga Uno soal laim kebijakan pajak hiburan naik 40 hingga 75 persen tak akan mematikan sektor industri.

Liputan6.com, Jakarta Merespons isu pajak hiburan bakal naik di rentang 40 sampai 75 persen, Inul Daratista melayangkan nota protes dalam pernyaaan tertulis untuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, lewat akun Instagram terverifikasi.

Si Goyang Ngebor mengunggah tautan berita berisi pernyataan Sandiaga Uno bahwa kenaikan pajak hiburan 40 hingga 75 persen tak akan mematikan industri. Inul Daratista heran, perhitungannya dari mana hingga muncul angka 40 sampai 75 persen.

Baca ini kok aku jadi heran yo, gak mematikan gimana 40-75%? Itungane piye (hitungannya gimana)? Dibebankan ke costumer?” keluh Inul Daratista pada Kamis (11/1/2024).

Berkaca pada pengalaman, pelantun “Kocok-kocok” menjelaskan, kenaikan harga Rp10 ribu saja dalam bisnis rumah karaoke memantik keluhan para tamu. Apalagi jika kebijakan pajak hiburan naik (minimal) 40 persen diterapkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Naik Rp10 Ribu Megap-megap

Wong tamu naik 10rb aja megap2, teriak2! Saya aja termasuk orang yang taat pajak lihat ini kadung kebelet keluar masuk toilet! Itungan dari mana kita bisa bayar pajak segini gedenya pak @sandiuno?” cetusnya.

Inul Daratista mencoba memahami niat pemerintah untuk memajukan UMKM lewat “penyesuaian” pajak hiburan. Namun, ia mengingatkan jangan sampai kebijakan ini menggebuk para pengusaha yang memayungi periuk nasi ribuan karyawan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Jangan Membunuh Pengusaha

Inul Daratista mengingatkan, pandemi Covid-19 telah memaksa pengusaha karaoke menutup bisnis mereka berbulan-bulan. Baru setahun beroperasi pasca-wabah, kini muncul “musibah” baru yakni wacana kenaikan pajak fantastis.

Memajukan UMKM sih oke tapi jangan membunuh pengusaha yg berusaha hidup untuk manusia2 yg hidupnya bergantung juga sm kita. Karyawanku loh sekarang sudah turun jadi 5000 org Pak Sandi. Sekarang sudah turun jauh dari 9000 sebelum covid,” keluh Inul Daratista.

4 dari 4 halaman

Ini Tidak Wajar Sama Sekali

Setelahnya, bintang sinetron Kenapa Harus Inul? menilai wacana kenaikan pajak hiburan di kisaran 40 sampai 75 persen ini tak wajar. Inul Daratista sampai menyenggol Hotman Paris yang juga mengkritisi isu ini.

Saya mewakili asosiasi pengusaha karaoke se indonesia, selaku pembina APERKI. Iki gak wajar blas (Ini tidak wajar sama sekali). Menurut abang hotman gimana nih? @hotmanparisofficial,” ia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini