Sukses

Detektif Jubun Bocorkan Kiat Sukses Jalani Profesinya di Indonesia

Menurut Detektif Jubun, menjaga hubungan baik dengan klien dan rekan bisnis merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam membangun bisnis.

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan detektif swasta ternyata tak hanya di dalam film-film saja. Jubun misalnya, seorang detektif swasta yang mendirikan agensi investigator profesional yang diberi nama Aman Sentosa Investigation Agency (ASIA) sejak 2008 silam.

Tentunya, tak mudah menjalani profesi ini, di saat belum banyak orang yang menggeluti. Tapi, Jubun memiliki kiat tersendiri, sehingga banyak orang yang meminta bantuannya dalam mengungkap suatu masalah. Mulai dari kasus perselingkuhan hingga menemukan pelaku kasus penipuan, pernah dijalani Detektif Jubun.

Menurut Jubun, menjaga hubungan baik dengan klien dan rekan bisnis merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam membangun bisnis penyedia jasa. Termasuk dengan para pakar hukum atau dengan jurnalis.

"Saya suka membangun kedekatan emosional dengan orang yang saya anggap baik. Ini nantinya akan membangun reputasi pekerjaan saya yang menyediakan jasa penyelidikan," kata Jubun saat di kawasan PIK, Jakarta Utara, belum lama ini.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membangun relasi yang baik dengan klien

Jubun mengatakan, membangun relasi yang baik dengan klien dapat membangun kepercayaan, yang merupakan fondasi penting dalam hubungan bisnis jangka panjang. Karenanya, kepiawaian Jubun dalam menyelidiki suatu kasus tersebar dari mulut ke mulut.

"Saya jarang memasang iklan tentang jasa penyelidikan saya. Kebanyakan klien saya datang lewat informasi mulut ke mulut. Ini membuktikan klien saya puas dan merekomendasikan ke teman-temannya yang lain," jelasnya.

 

3 dari 4 halaman

Kiat membangun relasi secara emosional

Jubun melanjutkan, salah satu kiat membangun relasi secara emosional dengan memperkenalkan keluarga. Jubun tak jarang memperkenalkan istri dan anaknya kepada klien.

"Saya bangga dengan pekerjaan ayah saya. Dia seperti hero," ujar Nathan, putra Jubun.

 

4 dari 4 halaman

Memberikan donasi ke komunitas pecinta literasi

Salah satu bukti Jubun membangun relasi yang baik adalah memberikan donasi ke komunitas pecinta literasi. Ia menyumbangkan dana untuk ajang Scarlet Pen Awards yang digagas Detectives ID, komunitas pecinta cerita detektif.

"Ini karena kedekatan emosional saya dengan salah satu penulis yang membantu saya. Kebetulan ini untuk penghargaan penulis cerita detektif, jadi saya ikutan berdonasi," ucap Jubun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini