Sukses

RM BTS Ungkap Tekanan Batinnya dalam Album Baru, Jimin: Rasanya Seperti Baca Diary-nya

RM BTS menuangkan unek-uneknya lewat album solonya, Right Place, Wrong Person.

Liputan6.com, Jakarta Kesuksesan di jagat K-Pop tentu membawa rasa bahagia bagi RM BTS. Di sisi lain, hal ini juga membawa tekanan baginya. 

Alih-alih meratapi nasib, RM mengalihkan energi negatif ini sebagai inspirasi karyanya, yang ia salurkan dalam album barunya, Right Place, Wrong Person. Bahkan judul albumnya pun berkaitan dengan dirinya.

"Makna judul albumnya adalah menjadi orang yang salah di tempat yang tepat, yang merujuk tentangku," kata rapper bernama asli Kim Namjoon ini dalam vlog yang ia bagikan, dilansir dari The Korea Times, Senin (27/5/2024). 

RM menambahkan, "Ada kalanya segala sesuatu tampak berjalan baik, tapi saya merasa seperti orang yang aneh. Sebaliknya, saya mungkin berpikir bahwa saya orang yang tepat, dan itu tempat yang salah."

RM juga mengungkap pemikiran soal ekpektasi orang terhadap dirinya di BTS.

"Aku mendapat tugas untuk bicara dengan tepat, mengucapkan hal-hal yang baik, dan menjadi perwakilan timku dalam berpidato, interviu, dan memberikan pernyataan. Itu ekspektasi orang terhadapku," tuturnya.

RM meneruskan, "Tapi pada kenyataannya aku hanya pria 29 tahun biasa yang tinggal di Korea, dan hidupnya hanya sedikit berbeda dari orang lainnya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beban Bertambah

Kepada Jimin yang juga tampil dalam video ini, RM mengungkap tekanan yang ia rasakan makin berat. 

"Di satu titik, aku merasakan beban untuk harus menjadi hebat dan berbeda. Alasan aku mencintai BTS adalah aktivitas kami berada di dunia musik. Tapi kalau aku berusaha menyenangkan semua orang, aku merasa seperti mau mati saja," RM menyambung.

3 dari 4 halaman

Album yang Sangat Personal

Jimin BTS juga merasakan sendiri bahwa album terbaru RM ini terasa sangat personal. "Mendengar album ini rasanya seperti membaca buku harian RM. Kelihatan bahwa ia menuangkan pemikiran dan rasa frustrasinya ke dalamnya," akunya.

4 dari 4 halaman

Perbedaan dengan Album Perdana

Jimin mengungkap kesannya mendengarkan album baru RM ini berbeda dari sebelumnya. Di album RM yang pertama, Indigo, Jimin merasakan sang rapper mengajukan beragam pertanyaan. Sementara dalam album ini, RM menuangkan segala unek-uneknya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.