Sukses

T.O.P Eks Bigbang Gagal Terbang Melintasi Bulan Usai Proyek dearMoon Dibatalkan

T.O.P eks Bigbang juga mengungkap soal pembatalan proyek dearMoon dalam unggahannya di Instagram.

Liputan6.com, Jakarta T.O.P sudah menggantungkan cita-cita setinggi langit, tapi apalah daya, harapannya ini kandas juga. Misi dearMoon yang memberangkatkan sejumlah tokoh termasuk dirinya melintasi bulan, telah resmi dibatalkan.

Dilansir dari AP pada Senin (3/6/2024), pengumuman pembatalan ini disampaikan oleh penggagas misi dearMoon, miliarder Yusaku Maezawa, dalam pernyataan pada Sabtu lalu. Alasan pembatalan, karena pesawat ulang-alik dari SpaceX yang ditargetkan bakal membawa para penumpang, belum jelas kapan bisa siap.

“Tanpa kepastian jadwal yang jelas dalam waktu dekat, dengan berat hati Maezawa mengambil keputusan yang tidak dapat dihindari, untuk membatalkan proyek tersebut,” begitu pernyataan di situs Yusaku Maezawa.

Maezawa menjelaskan dalam situasi yang belum pasti ini, ia jadi sulit membuat rencana untuk masa depannya.

“Saya juga merasa tidak enak karena membuat anggota kru menunggu lebih lama, oleh karena itu (saya membuat) keputusan sulit untuk membatalkannya pada saat ini. Saya meminta maaf kepada mereka yang bersemangat dengan terwujudnya proyek ini,” katanya.

T.O.P juga mengungkap soal pembatalan proyek dearMoon dalam unggahannya di Instagram.

“Seperti yang mungkin sudah Anda dengar, proyek 'dearMoon' sayangnya telah dibatalkan. Namun, saya sangat berterima kasih kepada Tuan Yusaku Maezawa yang telah menyusun konsep proyek 'dearMoon’,” tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kru DearMoon yang Hebat

Seperti diketahui sebelumnya, sang mantan member Bigbang bukan satu-satunya calon peserta dalam misi ini. Ada DJ Steve Aoki, penari Miyu, snowboarder Kaitlyn Farrington, aktor Dev D. Joshi, YouTuber Tim Dodd, dan sejumlah nama lain.

“Ia memilih dan mempertemukan seniman hebat dari seluruh dunia untuk memulai misi perjalanan ke bulan dan menciptakan seni yang terinspirasi oleh perjalanan ini,” kata T.O.P.

3 dari 4 halaman

T.O.P Tak Patah Arang

Pelantun “Fantastic Baby” menambahkan, “Ini adalah proyek seni terbesar dan terindah bagi perkembangan umat manusia yang tak seorang pun di dunia ini berani membayangkannya, dan keberanian untuk bahkan menjalankan misi ini sungguh luar biasa untuk disaksikan.”

T.O.P juga mengungkap ia tak mau melupakan mimpinya untuk berangkat ke bulan.

“Impianku untuk pergi ke bulan belum berakhir. Ini menjadi tujuan utama dan terbesar dalam hidupku, sebuah tantangan resmi, dan misi inti dalam hidupku,” tuturnya.

4 dari 4 halaman

Target Terbang Akhir 2023

T.O.P terbilang cukup rajin membagikan soal proyek dearMoon ini di akun Instagram-nya. Unggahan terahirnya mengenai misi ini adalah pada 15 Maret 2024.

Misi ini pertama kali diumumkan pada 2018 lalu, dengan target keberangkatan pada akhir 2023. Namun pada November tahun lalu diumumkan pengunduran jadwal penerbangan karena pesawatnya masih disiapkan.

Misi dearMoon awalnya diniatkan menjadi perjalanan privat pertama yang mengitari bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini