Sukses

Review High School Return of a Gangster yang Baru Tamat di Episode ke-8, Pas untuk Maraton

Salah satu poin unik dari drakor High School Return of a Gangster, adalah aspek fantasi berupa jiwa om-om gangster yang masuk ke tubuh anak SMA.

Liputan6.com, Jakarta Drakor High School Return of A Gangster baru saja tamat pada Rabu (19/6/2024) kemarin. Kisah dalam miniseri ini berakhir pada episode kedelapan, tak terlalu berat dihabiskan secara maraton.

Namun apakah drakor ini layak untuk ditonton secara maraton? Simak yuk pembahasannya berikut ini.

High School Return of A Gangster sendiri berkisah tentang Kim Deuk Pal (Lee Seok Jin), gangster nomor dua yang disegani dalam grupnya. Meski berstatus sebagai gangster, pria 47 tahun ini menjunjung tinggi keadilan dan punya satu cita-cita penting: lulus tes masuk universitas.

Sayang, cita-citanya ini kandas pada satu hari nahas. Ia bertemu dengan sesosok anak SMA yang hendak mengakhiri hidupnya, Song Yi Heon (Yoon Chan Young). Ia berhasil menyelamatkan anak ini, tapi jiwanya justru masuk ke tubuh Song Yi Heon. Badannya sendiri akhirnya tewas dan dikremasi.

Mau tak mau, ia menjalani hidup sebagai Song Yi Heon yang selama hidupnya di-bully. Tak hanya mesti jadi anak SMA lagi, ia juga menghadapi sejumlah masalah lain seperti sang ibu yang mengalami gangguan psikologis, sekretaris ayahnya yang ingin menyingkirkannya, hingga berhadapan kembali dengan mantan gengnya yang ini tercerai berai.

Meski begitu, Kim Deuk Pal bercita-cita membereskan masalah hidup Song Yi Heon dan menyerahkan kembali tubuh ini kepada pemiliknya bila saatnya tiba. Berhasilkah Kim Deuk Pal?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanpa Visual Manis, tapi...

High School Return of A Gangster bukanlah jenis drakor yang yang menyajikan visual manis penuh gula. Setting-nya didominasi kehidupan sekolah, dan para pemainnya hampir selalu mengenakan baju seragam. Hampir tak ada "peragaan adibusana" maupun syuting di tempat berlokasi cantik--apalagi memperlihatkan pemandangan luar negeri yang membawa penonton dalam vakansi dadakan.

Sebagai gantinya, ada sejumlah topik familiar yang ditampilkan di dalamnya. Untuk kehidupan masa sekolah diangkat tema bullying. Kehidupan remaja yang memasuki kehidupan dewasa yang penuh tanggung jawab pun dihadirkan khas sinema coming-of-age, dalam karakter Hong Jae Min (Joo Yoon Chan) dan Choi Se Kyung (Bong Jae Hyun).

Bahkan topik soal gesekan dalam keluarga chaebol pun dibahas tipis-tipis dalam drakor ini.

3 dari 4 halaman

Om-Om Gangster di Tubuh Anak SMA

Salah satu poin unik dari drakor ini, adalah aspek fantasi berupa jiwa om-om gangster yang masuk ke tubuh anak SMA. Gaya dan pemahaman Kim Deuk Pal yang old school, menjadi pencetus sejumlah kelucuan dalam drakor ini. Begitu pun dalam upayanya untuk membiasakan diri dengan tubuh barunya yang lebih lemah dari badannya yang tertempa asam dan garam dunia gangster. 

Hal ini bisa terwujud berkat Yoon Chan Young yang memerankan karakter ganda Kim Deuk Pal dan Song Yi Heon secara mulus. Tak cuma potongan rambut yang berbeda, vokal, penyampaian dialog, hingga postur tubuh pun mesti ia lakoni secara organik--dan ia cukup berhasil melakukannya.

4 dari 4 halaman

Konklusi High School Return of A Gangster

High School Return of A Gangster memang tamat dalam jumlah episode singkat. Namun setidaknya di akhir episode kedelapan drakor ini membawa sejumlah konklusi yang "mengenyangkan". Mulai dari persahabatan yang hangat, penebusan dosa, pencarian jati diri, hingga perlawanan kepada si jahat.

Jadi, sudah memutuskan untuk maraton drakor ini?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.