Sukses

Donald Sutherland Meninggal Dunia, Sang Bintang Hunger Games Berpulang Setelah Sakit dalam Waktu Lama

Donald Sutherland meninggal dunia di usia 88 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka melingkupi dunia hiburan Hollywood dengan kabar kematian aktor veteran Donald Sutherland. Diwartakan People, ia meninggal dunia di Miami pada Kamis (20/6/2024), dalam usia 88 tahun, setelah mengalami sakit dalam waktu lama.

Hanya saja, tak diungkap apa masalah kesehatan yang mendera mendiang.

Perwakilan sang aktor Hunger Games, CAA, mengonfirmasi kabar dukacita ini. “Sebuah perayaan atas hidupnya akan digelar secara privat oleh pihak keluarga,” begitu pernyataan pihak CAA.

Meski begitu, anak Donald Sutherland yang mengikuti jejaknya di dunia akting, aktor Kiefer Sutherland, berbagi sedikit kenangan tentang mendiang ayah dalam cuitannya di akun Instagram dan X atau Twitter.

Dengan hati berat, aku ingin mengatakan kepada kalian bahwa ayahku, Donald Sutherland, telah meninggal dunia. Secara personal, menurutku ia adalah salah satu aktor paling penting dalam sejarah perfilman,” kata bintang film Stand by Me tersebut.

Kiefer Sutherland menambahkan, “Ia tak pernah gentar menghadapi suatu peran yang baik, buruk atau jelek. Dia mencintai apa yang ia lakukan, dan melakukan apa yang ia cintai, dan aku tak bisa menuntut lebih dari ini. Kehidupannya dijalani dengan baik.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berawal dari Jurnalis, Berlanjut ke Dunia Akting

Diwartakan BBC, Donald Sutherland adalah aktor kelahiran New Brunswick, Kanada, 17 Juli 1935. Sebelum terjun ke dunia akting, ia seorang jurnalis radio. Pada 1957, Donald Sutherland akhirnya hijrah ke Inggris untuk menuntut ilmu di London Academy of Music and Dramatic Art.

Dari sini, ia mulai mengambil sejumlah peran kecil dalam acara TV maupun film di Inggris.

3 dari 4 halaman

Perjalanan Karier Donald Sutherland

Salah satu perannya yang paling awal meroketkan namanya adalah The Dirty Dozen (1967), serta Kelly's Heroes dan  M*A*S*H (1970). Ia juga tampil dalam film terbaik di Piala Oscar 1981, Ordinary People.

Sejumlah film sukses yang ia bintangi dalam satu dekade terakhir, antara lain Ad Astra, dan juga sebagai President Snow dalam The Hunger Games.

4 dari 4 halaman

Donald Sutherland dan Piala Oscar

Sepanjang kariernya ia telah terlibat dalam hampir 200 proyek film, acara TV, hingga video game tapi belum pernah menerima satu nominasi Oscar sekali pun. Pada 2017, ia akhirnya menerima Piala Oscar kehormatan, atas kontribusinya di dunia perfilman.

Tak hanya di dunia akting, Donald Sutherland juga dikenal sebagai aktivis politik, termasuk ikut dalam protes menentang Perang Vietnam.

Selamat jalan, Donald Sutherland...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini