Sukses

Penampilan Berkelas Voice of Baceprot Puaskan Massa Soundsfest Experience

Voice of Baceprot tampil memukau di Soundsfest Experience di Ballroom Kuningan City, P6.

Liputan6.com, Jakarta - Voice of Baceprot (VoB) meninggalkan jejak di Jakarta sebelum beraksi di Festival Glastonbury 2024, festival musik terbesar di Inggris, Jumat 28 Juni 2024. Band metal asal Banjarwangi, Garut ini tampil memukau di gelaran Soundsfest Experience, di Ballroom, Kuningan City P6, Sabtu (22/6).

Penampilan berkelas VoB pun sukses memuaskan massa Soudsfest Experience. Firda Marsya Kurnia (vokalis dan gitar), Widi Rahmawati (bass), dan Euis Siti Aisyah (drum) kembali menjadi primadona di atas stage, beraksi di hadapan para penggemarnya.

Tampil setelah Danilla, seperti biasa, VoB menyapa penonton dengan busana serbahitam, termasuk jilbab yang mereka kenakan. Band yang tahun lalu merilis labum Retas ini langsung menggeber lewat "(Not) Public Property".

Terang saja tensi langsung naik. Seketika penonton menyeruak ke depan panggung yang dibatasi pagar setinggi leher orang dewasa.

Lagu yang berusaha menyuarakan hak-hak perempuan ini memang langsung berhasil menaikkan adrenaline penonton. Alhasil mereka pun berjingkrak-jingkrak, bernyanyi bersama. Sebagian membuat lingkaran di depan pangung, bermoshing-ria.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Seru!

Suasana konser semakin seru. Ditambah lagi dengan penampilan personel VoB yang prima. Marsya, Widi, dan Siti berkali-kali mempertontonkan kemahiran mereka memainkan instrumen pegangan masing-masing.

Lihat saja Widi, yang begitu asyik dan atraktif dengan bass lima senarnya. Di lagu "What's The Holy (Nobel) Today?", bahkan nyaris di sepanjang lagu dia menampar-nampar senar bassnya dengan teknik slap, dipadukan dengan kecepatan improvisasi jari-jarinya.

Marysa juga asyik saja bernyanyi, meski kedua tangannya harus memainkan riff-riff gitar yang rumit. Kadang bahkan, sambil nge-rap atau screaming.

 

Siti juga begitu. Sengatan pukulan-pukulannya, plus dentuman double pedal pada bass drumnya membuat semua lagu yang dimaikan VoB jadi begitu bertenaga, menendang-nendang gendang telinga.

Karya-karya VoB memang skillfull. Terlihat betul kematangan dan skill tinggi para personelnya dalam memainkan instrumen.

3 dari 5 halaman

Lagu Penuh Pesan

"Selamat malam Jakarta...," ujar Marsya usai VoB memainkan "School Revolution" di lagu ketiga. "Terima kasih kepada yang sudah datang. Senang sekali bisa bermain di Jakarta. Di sini agak panas ya. Tapi tidak apa-apa kita lanjut yaa."

Total tak kurang dari 10 lagu dimainkan VoB. Selain "(Not) Public Property", "School Revolution", dan "What's The Holy (Nobel) Today?", mereka juga memainkan "Perempuan Merdeka Seutuhnya", "Rumah Tanah Tidak Dijual", "The Enemy of Earth is You" dan lainnya.

Seperti lagu "(Not) Public Property", banyak pesan disampaikan VoB lewat-lewat lagu-lagunya. Seperti di lagu "What's The Holy (Nobel) Today?", misalnya, di mana VoB berteriak lantang tentang kebencian mereka terhadap perang.

Itu langsung mereka sampaikan pada intro lagu.

Stop war! We hate war!

Stop war! We hate war!

Stop war! We hate war!

Sementara di lagu "Rumah Tanah Tidak Dijual", VoB menyindir pihak-pihak yang suka merampas hak orang lain.

VoB menutup konser mereka dengan lagu signature mereka "God, Allow Me (please) to Play Music". Tak pelak, sejak awal, mereka langsung sukses memancing koor massal.

I’m not the criminal

I’m not the enemy

I just wanna sing a song to show my soul

Penonton bernyanyi bersama bait yang merupakan bagian refrain dari single yang dirilis tahun 2021 ini.

 

4 dari 5 halaman

Momen Spesial

 

Ada momen spesial di konser VoB kali ini. Marsya, Widi, dan Siti disaksikan langsung oleh seluruh keluarga mereka yang sengaja datang ke Jakarta.

"Keluarga kami juga datang. Semoga ada kebanggaan melihat anak-anaknya bermain di atas panggung," ujar Marsya disambut aplaus meriah penonton.

Saat turun panggung, momen mengharukan pun terhampar. Gadis-gadis belia berbakat ini langsung memeluk dan mencium tangan orang tua masing-masing.

Siti terlihat paling emosional. Sambil sesegukan dia terus memeluk dan menciumi orang tuanya. Bahkan, ketika Marsya dan Widi sudah meninggalkan back stage menuju ruang tunggu performer, Siti masih bersama keluarganya di belakang panggung.

 

5 dari 5 halaman

Terbang ke Inggris

Rencananya, Rabu (23/6), VoB terbang ke Inggris untuk tampil di Festival Glastonbury 2024. VoB menjadi band Indonesia pertama yang tampil dalam lebih dari 50 tahun penyelenggaran ajang ini.

Tahun ini, di gelaran yang akan dihelat di Worthy Farm in Pilton, Somerset, Inggris, 26-30 Juni 2024 akan menampilkan tiga headliner: Dua Lipa, Coldplay, dan Shania Twain.

Sebelum tampil di Festival Glastonbury, VoB akan terlebih dahulu beraksi di Downstairs of The Dome, London, Rabu (26/6).

Bagi VoB sendiri, ini bukan pertama kalinya, mereka tampil di luar negeri. Pada tahun 2021, mereka pernah tampil Belanda, Belgia, dan Prancis dalam sebuah tur Eropa.

Pada tahun 2022, mereka kembali menggelar tur Eropa dan tampil Wacken Open Air 2022 Jerman, salah satu festival musik metal paling bergengsi di Eropa.

Sementara tahun lalu, Widi dan kawan-kawan sukses menggelar tur di Amerika Serikat dan tampil di sembilan titik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.