Sukses

Aksi Dua Lipa di Festival Glastonbury 2024 Jadi Ajang Perang Bendera Antara Pendukung Palestina dan Israel

Bagi pihak pendukung Palestina, aksi Dua Lipa di Festival Glastonbury ini adalah bentuk dukungan. Di sisi lain, pendukung Israel juga bangga.

Liputan6.com, Jakarta Dua Lipa menampilkan aksi panggung ciamik saat didaulat menjadi headliner di festival musik akbar Glastonbury 2024. Namun ada yang unik dari reaksi orang atas aksi panggungnya di Worthy Farm, Somerset, Inggris, Jumat (28/6/2024) malam lalu.

Dua pihak yang berseberangan, yakni pendukung Palestina dan Israel dalam serangan zionis yang berkepanjangan, sama-sama menyorot aksi pelantun “Levitating” tersebut.

Semua berawal dari sejumlah bendera, yang dibawa sebagian hadirin di Festival Glastonbury. Ada yang membawa bendera pelangi LGBT—karena Juni diperingati sebagai Pride Month. Ada pula yang membawa bendera Palestina dan Nova Music Festival.

Sebagai pengingat, Nova Music Festival yang digelar pada 7 Oktober 2023 adalah momen serangan Hamas ke Israel yang menawan ratusan sandera. Insiden ini menjadi alasan Israel untuk terus menerus menggempur Gaza, menewaskan puluhan ribu warga sipil dan anak-anak Palestina.

Nah, dalam Festival Glastonbury, bendera Palestina dan Nova sempat dikibarkan berdekatan. Dalam momen tersebut, Dua Lipa juga mendekat ke arah bendera-bendera tersebut, membuat kamera di lokasi acara mau tak mau menyorotnya.

Momen ini juga sempat dibagikan sang penyanyi di medsosnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bentuk Dukungan Dua Lipa untuk Palestina?

Bagi pihak pendukung Palestina, aksi Dua Lipa mendekat ke arah bendera sewarna buah semangka ini adalah bentuk dukungan. 

"Dua Lipa standing infront free Palestine flag just now at Glastonbury. 🇵🇸 " kata @missameric*****.

"At the Glastonbury Music Festival, Albanian singer Dua Lipa sang while standing beside a large Palestinian flag, a deliberate show of solidarity with the Palestinian people.🇵🇸 (Di Festival Musik Glastonbury, penyanyi asal Albania, Dua Lipa, tampil sambil berdiri di samping bendera Palestina yang besar, sebagai bentuk solidaritas kepada rakyat Palestina. 🇵🇸), " tulis @Kuffiya****.

"Dua Lipa the legend you are ♥️ love that she specifically goes near the Palestine flag so the camera has to follow her (Dua Lipa, kamu adalah legenda ♥️. Aku suka banget melihat dia secara khusus mendekati bendera Palestina sehingga kamera harus mengikutinya)," kata @noirar****.

3 dari 4 halaman

Pendukung Israel Bangga

Sementara itu para pendukung Israel bangga bendera Nova bisa berkibar di depan mata Dua Lipa.

"Apresiasi besar untuk siapa pun yang mengibarkan 3 bendera Festival Nova dan satu bendera pelangi Yahudi selama penampilan utama @dualipa di festival musik @glastonbury. Serius, kalian adalah pahlawan saya," cuit @jewli*****.

Bahkan ada pula yang menyindir Dua Lipa, yang dinilai sebagai sosok anti-semitik.

"Tiga bendera Nova dan satu Pride Flag Yahudi menghalangi pandangan si antisemitik @dualipa," kata @@ExiledIsrae****.

4 dari 4 halaman

Sikap Dua Lipa Atas Genosida di Gaza

Dua Lipa sendiri dikenal sebagai pendukung gencatan senjata di Palestina, dan mengecam keras genosida yang dilakukan Israel. Ia ikut aktif menyuarakan All Eyes on Rafah dan Artist4Ceasefire.

"Membakar anak-anak hidup-hidup tak dapat dibenarkan. Seluruh dunia bergerak untuk menghentikan genosida Israel. Kami mohon tunjukkan solidaritas untuk Gaza," tulisnya dalam unggahan pada Mei lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.