Sukses

Aktris Tiongkok Cheng Pei-pei Meninggal Dunia, Ini 6 Filmnya yang Terkenal Termasuk Mulan dan Crouching Tiger Hidden Dragon

Nama Cheng Pei-pei di Indonesia mungkin tak terlalu familiar, namun di industri hiburan China atau Tiongkok, terutama film, ia termasuk dalam jajaran artis terkenal.

Liputan6.com, Jakarta Cheng Pei-pei, aktris senior asal Shanghai, China atau Tiongkok, dikabarkan tutup usia di San Francisco Bay Area, AS, pada Rabu (17/7/2024) waktu setempat. Cheng Pei-pei meninggal dunia dalam usia 78 tahun, melansir Variety, Jumat (19/7/2024).

Penyebab meninggalnya Cheng Pei-pei, diketahui karena menderita penyakit otak degeneratif. Sewaktu menderita penyakit itu, aktris China yang telah main puluhan film ini sempat menyatakan akan menyumbangkan otaknya untuk penelitian medis.

Nama Cheng Pei-pei di Indonesia mungkin tak terlalu familiar. Namun di industri hiburan Tiongkok terutama film, sosok Cheng Pei-pei termasuk dalam jajaran artis yang terkenal. Cheng Pei-pei juga beberapa kali tampil dalam sejumlah film yang mendunia.

Setidaknya ada enam film terkenal yang pernah melibatkan Cheng Pei-pei sebagai salah satu pemainnya. Beberapa di antara filmnya yang sempat menjadi sorotan adalah Crouching Tiger Hidden Dragon dan Mulan. Berikut deretannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Crouching Tiger Hidden Dragon

Seperti disampaikan di atas, Crouching Tiger Hidden Dragon yang rilis pada 1998, merupakan film Cheng Pei-pei yang paling terkenal. Film yang dibintangi oleh Chow Yun-fat, Michelle Yeoh, dan Zhang Ziyi ini, memenangkan banyak penghargaan.

Mulai dari BAFTA, Golden Globe Awards, bahkan hingga Academy Awards (Oscar). Cheng pun memerankan karakter ikonis bernama Jade Fox di sepanjang film ini.

3 dari 7 halaman

2. Come Drink with Me

Mundur ke tahun 1966, Cheng Pei-pei sempat membintangi film wuxia berjudul Come Drink with Me yang menunjuknya sebagai karakter utamanya.

4 dari 7 halaman

3. Naked Weapon

Naked Weapon, film laga Hong Kong yang rilis pada 2002 ini sempat menjadi sorotan publik dunia pada masanya. Salah satu faktornya adalah dua pemain utamanya yang menjadi priimadona kala itu, Maggie Q dan Anya Wu.

Kehadiran Cheng Pei-pei sebenarnya tak terlalu menonjol, yakni sebagai ibu salah satu karakter utamanya. Namun, penampilannya cukup berkesan.

5 dari 7 halaman

4. Street Fighter: The Legend of Chun-Li

Di luar kritik pedas dan cibiran untuk film ini, Street Fighter: The Legend of Chun-Li tetap menyimpan permata tersembunyi, yakni akting Cheng Pei-pei sebagai Zhilan.

6 dari 7 halaman

5. Meditation Park

Meskipun tak terlalu disorot publik dunia, Meditation Park sempat menyita perhatian para audiens di Kanada, negara asal film ini.

Dalam film ini, Cheng Pei-pei memerankan sosok wanita 60 tahun asal Hong Kong yang harus berjuang untuk bertahan hidup di Vancouver, Kanada.

7 dari 7 halaman

6. Mulan

Mulan merupakan film terakhir yang dimainkan oleh Cheng Pei-pei. Perannya memang tak terlalu besar, yakni sebagai wanita yang mengatur pernikahan. Namun penampilannya kala itu benar-benar monumental.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini