Sukses

Sodiq Monata Direspons Positif Saat Gandeng Manda Kolaborasi di Lagu Saestu

Manda merupakan penyanyi muda yang dianggap anak oleh Sodiq Monanta.

Liputan6.com, Jakarta Musisi legendaris Sodiq Monata, yang akrab disapa Cak Sodiq, baru saja merilis lagu duet berjudul "Saestu" bersama penyanyi muda bernama Manda. 

Lagu ini mendapatkan respons yang sangat positif setelah dirilis di berbagai platform musik digital. Bahkan, banyak penggemar yang mengira bahwa Manda adalah anak kandung dari Cak Sodiq.

"Responsnya bagus. Bahkan di TikTok banyak yang bilang Manda ini anak Cak Sodiq," kata Sujana, direktur Positif Art, saat syukuran perilisan lagu "Saestu" di Cengkareng, Jakarta Barat, baru-baru ini.

Cak Sodiq sendiri dengan santai menanggapi komentar tersebut. "Iya, dia memang anak saya, anak didik, ha ha ha. Dibilang anak juga nggak apa-apa," ujarnya dengan tawa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mempopulerkan Musik Koplo

Cak Sodiq mengaku sangat senang bisa berduet dengan Manda. Melalui kolaborasi ini, ia berharap bisa terus mempopulerkan musik koplo di kalangan anak muda. Salah satu caranya adalah dengan mengajak penyanyi muda seperti Manda untuk menyanyikan lagu-lagu campursari yang menggunakan bahasa daerah. 

"Koplo itu mungkin identik dengan yang tua-tua, tapi Manda ini berani dan mau bernyanyi campursari. Jadi menurut saya ini bagian dari meremajakan pasar musik koplo. Sekarang anak muda bisa ikutan," kata Cak Sodiq di Jakarta.

 

3 dari 4 halaman

Merasa Kagum

Meskipun Manda masih tergolong baru di dunia musik, Cak Sodiq merasa kagum dengan niat dan semangatnya. Baginya, semangat dan niat adalah kunci utama untuk sukses di industri musik, selain dari kemampuan vokal. 

Cak Sodiq melihat semangat ini ketika menyaksikan kegigihan Manda dalam belajar. Sebagai remaja yang tumbuh di Jakarta, Manda dianggap cepat dalam mempelajari logat Jawa.

"Dia mau belajar. Kalau notasi sudah bagus, cuma logatnya aja paling. Ya namanya juga orang Jakarta. Tapi saya tertarik dengan dia karena niatnya. Kalau punya bakat tapi tidak ada niat juga ya tidak jadi apa-apa," ucapnya.

 

4 dari 4 halaman

Sulit Melupakan

Lagu "Saestu" sendiri berkisah tentang seseorang yang sulit melupakan cinta masa lalunya. Meski orang tersebut sudah memiliki pasangan masing-masing, mereka masih menyimpan rasa cinta untuk mantannya. Tema ini menyentuh banyak pendengar dan membuat lagu ini cepat populer. 

Selain "Saestu," Cak Sodiq juga menciptakan lagu lain yang dinyanyikan oleh Manda sendiri. Manda merasa bangga bisa memulai debutnya di dunia musik dengan berkolaborasi bersama musisi legendaris seperti Cak Sodiq, pendiri grup Monata.

Manda berharap dapat terus melestarikan musik berbahasa Jawa dan mengikuti jejak penyanyi muda lain seperti Lala Widy dan Niken Salindry. "Kalau rasa grogi pasti ada, apalagi ini pertama kali. Tapi Cak Sodiq selalu beri wejangan," ucapnya.

Melalui kolaborasi ini, baik Cak Sodiq maupun Manda berharap musik koplo dan campursari dapat semakin diterima oleh generasi muda. Dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, Manda bertekad untuk terus belajar dan mengembangkan bakatnya agar bisa memberikan kontribusi yang berarti bagi industri musik Indonesia.

Keberhasilan lagu "Saestu" menjadi bukti bahwa musik tradisional masih memiliki tempat di hati masyarakat, terutama ketika disampaikan dengan cara yang segar dan inovatif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini