Sukses

Trinity Youth Symphony Orchestra Siap Harumkan Nama Indonesia di Festival Seni Ternama Skotlandia

Tak hanya itu, ke-75 musisi muda dalam TRUST atau Trinity Youth Symphony Orchestra juga akan tampil di Inggris Raya untuk memeriahkan peringatan 75 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Inggris.

Liputan6.com, Jakarta Trinity Youth Symphony Orchestra atau TRUST yang beranggotakan muda-mudi asal Indonesia tengah bersiap untuk tampil dalam salah satu event kesenian akbar di Skotlandia: The Edinburgh Festival Fringe 2024.

Dalam perhelatan yang akan digelar pada 6-7 Agustus 2024 ini, orkestra yang dipimpin Nathania Karina ini akan berangkat sebagai orkestra komunitas remaja pertama yang akan mewakili Indonesia di festival bergengsi tersebut.

Tak hanya itu, ke-75 musisi muda dalam TRUST juga akan tampil di Inggris Raya untuk memeriahkan peringatan 75 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Inggris.  Mereka akan tampil dalam sejumlah kesempatan. Di antaranya penampilan di Royal Conservatoire of Scotland, Glasgow pada 4 Agustus, dan penampilan di London, pada 9 Agustus.

Sebelum berangkat, TRUST telah menjalani pelatihan selama sekitar enam bulan. Selain itu, sebagai pembuka rangkaian UKTour 2024, TRUST mengadakan konser pra keberangkatan di Jakarta pada Minggu (21/7/2024) kemarin.

Keberangkatan TRUST ke Inggris, ternyata tak lepas dari dukungan yang diberikan oleh Ciputra Artpreneur.

"Kami sangat berterima kasih atas support yang diberikan oleh Ciputra Artpreneur selama proses persiapan tour ini. Kami menghabiskan setiap akhir pekan dan setiap hari libur sejak awal tahun ini untuk latihan bersama di Ciputra Artpreneur," tutur Nathania Karina dalam keterangan tertulis yang diterima Lipuan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bawa Muatan Lokal Indonesia

Satu hal menarik, adalah kentalnya nuansa lokal yang dibawa TRUST dalam lawatannya ke Inggris ini. 

TRUST mempersembahkan alunan lagu-lagu daerah Indonesia yang diaransemen modern, serta dipadukan dengan tarian Kecak dari Bali. Lagu-lagu seperti Bungong Jeumpa, Janger, Cublak Cublak Suweng, Manuk Dadali, merupakan cuplikan dari program yang hendak diperdengarkan di tanah Skotlandia.

Sebagai bentukpertukaran budaya, TRUST juga akan membawakan lagu-lagu Skotlandia dan berkolaborasi dengan penyanyi lokal. Rancangan kostum dengan nuansa kain khas Indonesia dari desainer muda Indonesia, Adrie Basuki, turut mempercantik penampilan TRUST Orchestra.

3 dari 4 halaman

Persembahan untuk Indonesia

Dr. Nathania Karina mengungkapkan TRUST  mempersembahkan rangkaian perjalanan ini untuk Indonesia, khususnya para musisi muda.

"Semoga perjalanan kami dapat memotivasi dan menginspirasi musisi Indonesia untuk berkarya di kancah internasional, serta dapat menanamkan kecintaan masyarakat lokal dan internasional akan musik Indonesia. Kami harap keberangkatan kami dapat membuktikan bahwa musisi orkestra Indonesia mampu dan layak untuk tampil di panggung internasional," tuturnya.

4 dari 4 halaman

Para Pendukung TRUST di UK Tour 2024

Keberangkatan TRUST Orchestra menuju UK Tour 2024 dipersembahkan oleh WMMann Foundation, serta mendapat dukungan dari Ciputra Artpreneur, Trinity OptimaProduction, Kedutaan Besar Inggris Jakarta, Taisei-CSC Joint Operation, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Musicmind dan Andante Music School

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.