Sukses

Review Film Deadpool and Wolverine, Surat Cinta untuk Fans Superhero Berbentuk Aksi Ugal-ugalan Dua Jagoan Pecundang

Setengah dari rasa sukacita menyaksikan Deadpool and Wolverine berasal dari kemunculan karakter-karater tak terduga di dalamnya.

Liputan6.com, Jakarta Deadpool and Wolverine dibuka dengan gaya breaking the fourth wall khas si jagoan super berkostum merah ini. “Aku tahu siapa yang kalian tunggu, dari judul filmnya,” kata karakter slengean yang diperankan Ryan Reynolds ini, seakan sedang ngobrol bareng penonton.

Sejurus kemudian, baru ketahuan apa yang sedang ia lakukan: menggali makam Wolverine (Hugh Jackman), yang meninggal dalam film Logan (2017).

Adegan edan dalam Deadpool & Wolverine tak berhenti di sini. Sebelum masuk ke sana, simak dulu bagaimana dunia dua superhero ini bisa berkelindan.

Semua berawal pada 2018, saat Deadpool mulai merasa hidupnya tak berarti. Ia melamar masuk Avengers, tapi gagal. Vanessa (Morena Baccarin), juga sudah gerah dengan kelakuan awur-awurannya.

Akhirnya Deadpool memutuskan hidup sebagai orang biasa, sebagai sales mobil bekas. Namun keinginannya ambyar begitu ia diculik Time Variance Authority (TVA) yang memantau Garis Waktu Sakral.

Terungkap bahwa dunia yang selama ini ditinggali Wade Wilson tengah membusuk karena kehilangan "Jangkar", atau sosok yang paling penting di dalamnya: Logan alias Wolverine (Hugh Jackman).

Petinggi TVA, Paradox (Matthew Macfayden), bahkan ingin mempercepat proses penghancuran jagat yang didiami Deadpool.

Deadpool menyimpulkan satu jalan keluar gampang dari situasi ini: comot saja Wolverine dari universe lain untuk diletakkan dalam dunianya. Setelah mencuri perangkat milik Paradox, ia pun bertualang bertemu satu Logan ke Logan yang lain.

Akhirnya ia bertemu—dan memboyong paksa—seorang Logan yang moody, pemabuk, dan dianggap pecundang di dunianya, untuk dibawa ke universe-nya.

Namun begitu melihat Deadpool dan Wolverine, Paradox naik darah dan membuang mereka ke Tempat Pembuangan. Wilayah gersang ini dikuasai sosok dengan kekuatan mengerikan: Cassandra Nova (Emma Corin).

Dapatkah Deadpool menyelamatkan dunianya?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Celetukan Tanpa Filter Deadpool

Apa sih, yang diharapkan penggemar dari film-film Deadpool? Celetukan asbun Deadpool? Ada. Sentilan pedas yang berhubungan dengan dunia nyata? Melimpah, dan enggak ada saringannya.

Banyak hal yang ditowel Deadpool dalam dialognya. Mulai merek mobil ternama dari Jepang, perceraian Hugh Jackman, hingga olok-olok untuk Marvel dan Disney.

Penonton sebenarnya berisiko kelelahan dihajar guyonan Deadpool, andai hal ini digas tanpa rem dari awal hingga akhir. Untungnya hal ini bisa dihindari, karena sutradara Shawn Levy berhasil melakukan harmonisasi dengan elemen drama yang disisipkan di sejumlah bagiannya.

Wolverine yang karakternya beda 180 derajat pun berhasil menjadi kontras dan penyeimbang Deadpool yang berisik plus celamitan. Dinamika "benci tapi cinta" antara kedua karakter ini pun sukses jadi magnet yang bikin penggemar anteng duduk di kursi selama dua jam.

3 dari 4 halaman

Deadpool and Wolverine yang Penuh Cipratan Darah

Salah satu hal yang jadi sorotan penggemar, ini film pertama dalam franchise Deadpool yang dibawahi Marvel. Deadpool and Wolverine juga merupakan film dengan rating R pertama Marvel Cinematic Universe.

Ada kekhawatiran, filmnya akan jadi lebih encer dan ramah penonton. Benarkah?

Adegan pertarungan Deadpool and Wolverine tetap brutal, tapi sabetan sajam dan semburan darah dieksekusi dalam nuansa komikal, belum masuk kategori gore yang kelewat vulgar. Di Indonesia sendiri filmnya tentu saja mendapat rating 17 tahun ke atas.

Jadi, para orangtua penggemar Deadpool, tolong dicatat baik-baik ya.

4 dari 4 halaman

Kemunculan Karakter-Karakter Tak Terduga

Kekuatan modal Disney/ MCU dipamerkan dalam film ketiga Deadpool ini, lewat aneka bintang tamu kejutan yang tampil spesial atau menjadi kameo. Tentu saja daftar bintang tamunya tak akan kami tampilkan di sini—karena setengah dari rasa sukacita menyaksikan film ini berasal dari kemunculan karakter-karater tak terduga di dalamnya.

Yang jelas, kemunculan para bintang ini—dan juga narasi yang diungkap di babak ketiga—terasa seperti surat cinta untuk penggemar superhero kondang, yang punya nama besar pada masa lalu. Terutama, dari jagat para mutan.

Akhir kata, apakah ini menandakan kembalinya Hugh Jackman sebagai Wolverine? “Sampai umurmu 90 tahun!” jawab Deadpool, menggoda Wolverine sekaligus Hugh Jackman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.