Sukses

6 Nasihat Pernikahan Aaliyah Massaid dan Thariq Halilintar dari Habib Ja'far, Rumah Tangga Harus Dilandaskan Takwa

Berikut adalah 6 nasihat penting tentang pernikahan yang disampaikan oleh Habib Ja'far kepada kedua mempelai.

Liputan6.com, Jakarta Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid kini telah resmi menjadi pasangan suami istri. Akad nikah mereka telah digelar di Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (26/7/2024) yang disiarkan secara live di YouTube Thariq. 

Thariq menikahi Aaliyah dengan maskawin berupa uang tunai sebesar Rp.26.072.024. Nominal tersebut mengikuti tanggal pernikahan mereka. Setelah dinyatakan sah oleh para saksi, Habib Ja'far memberi nasihat pernikahan untuk kedua mempelai. 

Kata sang Habib, pernikahan adalah hal yang sangat agung. Dia kemudian mengutip Sabda Nabi Muhmmad SAW tentang sunnah melaksanakan pernikahan. 

"Kata Nabi, salah satu kategori jika ingin dimasukkan dalam golongan kami, maka menikahlah bagi kalian yang mampu, karena itu adalah sunnah dariku, tuntunan dariku yang sebelum aku perintahkan kepadamu maka aku juga melakukannya sendiri. Bagi siapa saja yang ingin mendapatkan rumah tangga yang ideal, maka contohlah rumah tangga Nabi Muhammad dan Sayyidah Khadijah," ujar Habib Ja'far yang didengarkan dengan seksama oleh kedua mempelai. 

Berikut adalah 6 nasihat penting tentang pernikahan yang disampaikan oleh Habib Ja'far kepada kedua mempelai dan seluruh tamu undangan yang hadir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Puncak Keagungan Pernikahan

Kata Habib Ja'far, dalam Al-Qur'an menyebut pernikahan sebagai perjanjian yang sangat agung. "Perjanjian ini bukan antara Thariq dan Aaliyah beserta kedua orangtua, atau dengan saksi, atau dengan KUA, tapi perjanjian agung ini antara kalian berdua dengan Allah SWT," kata Habib. 

3 dari 7 halaman

2. Pernikahan Seperti Segitiga

Habib Ja'far kemudian menganalogikan pernikahan sebagai segitiga. Apa itu?

"Pernikahan adalah tentang cinta layaknya segitiga, dimana Thariq dari sisi kanan bawah, dan Aaliyah di pojok kiri bawah, dan Allah di sisi atas dari segitiga itu. Karena itu pesan Nabi Muhammad kepada Fatimah dan Ali ketika menikah, 'Bertakwalah kepada Allah!'," ujarnya. 

4 dari 7 halaman

3. Bergerak Menuju Allah

Sang Habib pun menjabarkan definisi segitiga dalam sebuah pernikahan berarti suami dan istri harus sama-sama bergerak ke atas, menuju Allah. 

"Semakin kalian bergerak menuju Allah, semakin kalian dekat di antara keduanya, namun semakin kalian jauh dari Allah, maka bukan hanya kalian yang jauh dari Allah, tapi di antara kalian juga saling berjauhan, sebagaimana segitiga, Allah di atas, Thariq di bawah kanan dan Aaliyah di bawah kiri," tuturnya. 

5 dari 7 halaman

4. Jangan Bergerak ke Samping

Apakah mungkin pasangan bergerak ke samping, bukan ke atas? Jawabannya tentu bisa, namun ada konsekuensinya. 

"Thariq semakin ke kiri dan Aaliyah ke kanan, namun cinta yang tidak dilandaskan atas ketakwaan kepada Allah maka dia tidak akan menjadi cinta yang abadi, dia akan menjadi cinta yang duniawi, bukan cinta dunia akhirat. Cinta yang tidak dilandaskan ketakwaan hanya akan memberikan kesenangan yang fluktuasi. Maka kita mencari kebahagiaan yang landasannya adalah takwa pada Allah agar stabil," papar Habib Ja'far. 

6 dari 7 halaman

5. Jaga Buah Hati Sebaik-baiknya

Habib Ja'far juga menjelaskan soal bagaimana cara orangtua memperlakukan keturunannya dengan baik. Yaitu, mencontoh apa yang dilakukan orangtua kepada mereka.

"Aaliyah adalah seorang yang dikandung, dilahirkan, disusui, dibesarkan, dididik dengan air mata, keringat, cinta, darah bahkan dengan nyawa. Thariq juga dibesarkan dengan segalanya. Al-Qur’an menyebut anak sebagai buah hati bagi orangtuanya, maka lanjutkanlah apa yang dilakukan orangtua kalian pada anak-anaknya. Jaga sebaik-baiknya," jelasnya. 

7 dari 7 halaman

6. Pakaian Bagi Pasangan

Tiap-tiap orang bukan hanya diharuskan untuk berbuat baik, tapi dia juga harus menghindari perbuatan yang tidak elok dipandang. 

"Maka jagalah akhlak pada pasangan. Dalam Al-Qur’an sdisebut Thariq adalah pakaian bagi Aaliyah, dan Aaliyah adalah pakaian bagi Thariq. Mungkin nanti akan ada masalah di luar sana, tapi pastikan ketika Aaliyah berada di pelukan Thariq, maka Aaliyah merasa masalahnya tidak ada dan begitu juga sebaliknya. Itulah sakinah, damai, menjadi rumah. Rumah tidak bisa menghentikan hujan, tapi rumah membuat seseorang tidak kehujanan," tutupnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini