Sukses

6 Lagu Indonesia Pilihan Terbaru Pekan Ini, Edisi 22-28 Juli 2024: Romansa Bareng Sheryl Sheinafia hingga Mentari dari Yerri Meiryan

Deretan lagu yang diterima Showbiz Liputan6.com sepanjang 22-28 Juli 2024 ini, turut datang dari sejumlah penyanyi papan atas Tanah Air yang wajah dan karya-karyanya sudah tak asing lagi.

Liputan6.com, Jakarta Pekan keempat Juli 2024, deretan lagu Indonesia kembali ditelurkan oleh para musisi Tanah Air. Suasana romantis bernuansa lawas, percintaan masa kini, hingga kehidupan yang rumit menjadi tema lagu-lagu ini.

Deretan lagu yang diterima Showbiz Liputan6.com sepanjang 22-28 Juli 2024 ini, turut datang dari sejumlah penyanyi papan atas Tanah Air yang wajah dan karya-karyanya sudah tak asing lagi.

Ada Sheryl Sheinafia yang mengusung tema romansa ala era 1950-an bareng seorang penyanyi pria hingga vokalis T-Five, Yerri Meiryan, yang menggandeng rapper untuk gambarkan percintaan anak muda masa kini.

Grup musik baru dan sejumlah penyanyi serta musisi yang sedang membuktikan eksistensi mereka menuju puncak industri, turut menelurkan karya yang tak kalah menarik. Berikut deretannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Sheryl Sheinafia & Refo dan Fauna - Romansa Romansaan

Lagu "Romansa Romansaan" hadir sebagai single kolaborasi kedua antara Sheryl Sheinafia bersama Refo Dan Fauna, yang dirilis pada Jumat, 26 Juli 2024.

Bertemakan kisah romansa di usia 20-an akhir, “Romansa Romansaan” menggambarkan kencan pasangan yang sederhana, seadanya, dan ‘low-budget’, sembari menunggu hari gajian di akhir bulan. Sheryl Sheinafia & Refo dan Fauna menekankannya pada lirik "sekarang sederhana, menunggu akhir bulan".

“Romansa Romansaan” masih memiliki alunan yang masih serupa dengan lagu sebelumnya, “Kasian”, yakni dibalut musik bernuansa bossanova berlirik jenaka. Namun kali ini, memiliki vibes yang lebih romantis seperti sedang kencan di era 1950-an.

3 dari 7 halaman

2. Yerri Meiryan dan Insan Aoi - Mentari

Yerri Meiryan, seorang penyanyi yang sebelumnya lebih dikenal sebagai vokalis grup band T-Five, baru-baru ini merilis single terbaru bersama rapper Insan Aoi.

Setelah bertahun-tahun menjadi vokalis T-Five, serta terlibat dalam industri musik dengan segala pengalaman yang dimilikinya, Yerri Meiryan akan mengambil tantangan baru dengan bersolo karir bersama karya baru yang rilis pada 22 Juli 2024.

Kali ini, Yerri Meiryan akan memperkenalkan single solo perdana dengan warna baru yang berbeda dari karya-karya T-Five sebelumnya.  Single solo perdana Yerri Meiryan ini berjudul "Mentari". Insan Aoi yang berkolaborasi dengannya, merupakan seorang rapper yang pernah viral melalui lagu “Bodo Amat“.

Single “Mentari“ ini mempunyai lirik yang bisa dibilang related atau berkaitan dengan kehidupan percintaan anak-anak muda zaman sekarang. “Mentari” menceritakan tentang seseorang yang memiliki pasangan, namun hanya dijadikan tempat persinggahan sementara oleh pasangannya itu, yang pergi begitu saja, tanpa memberikan kepastian.

4 dari 7 halaman

3. Anxieparty - Pencarian Peraduan

Selang setahun sejak debut Anxieparty di kancah musik dalam negeri pada tahun 2023, band emo pop asal Malang, Jawa Timur ini merilis karya kedua yang diberi judul “Pencarian Peraduan”.

Beranggotakan Emir (vokal), Ersa (vokal), Sugab (gitar), Bimo (gitar), Azam (keyboard), Cipeng (bass) dan Sandya (drum), Anxieparty menceritakan perjalanan tak berujung serta diliputi kesedihan dan keputusasaan melalui lagu barunya.

“Banyak opsi waktu kami memilih judul lagu. Namun pada akhirnya kami mengambil judul 'Pencarian Peraduan' karena single ini sendiri ini menceritakan kondisi di mana seseorang harus menerima kenyataan pahit dengan segala duka dan ungkapan kecewa, tentu saja berdiam diri bukanlah solusi yang bisa diambil. Mau enggak mau, ia harus segera beranjak sembari meyakinkan dirinya sendiri untuk menanti cinta cinta lainnya,” jelas para personel Anxieparty tentang makna lagunya.

Dibalut dengan suasana kelam yang menggantung di sepanjang lagu, “Pencarian Peraduan” didukung oleh perpaduan sayatan gitar, lengkingan vokal, dan lantunan manis keyboard.

Single kedua ini masih mengusung nafas genre yang sama dengan single debut mereka “Senandika” yang kental dengan nuansa emo pop-rock. Agar menjadi berbeda, Anxieparty bereksperimen dengan unsur rock, orkestrasi, dan beberapa unsur symphony di dalamnya supaya menjadikan tembang ini terdengar lebih variatif.

5 dari 7 halaman

4. Low mana feat. Davidbeatt - Intrusive Thoughts

Harry Citradi atau yang lebih dikenal dengan nama low mana, kembali dengan sebuah single baru yang berasal dari keresahan yang dialaminya dengan lagu berjudul ‘Intrusive Thoughts’.

“Lirik lagu ini adalah sebagian kecil dari intrusive thought gue yang makin kesini makin sering keluar dan gue pengen gimana caranya supaya berhenti keluar,” ungkap low mana.

Menariknya lagi, di single terbarunya ini, low mana berkolaborasi dengan Davidbeatt.

“Jadi, gue sama David itu tetanggaan dan lumayan sering ketemu dan memang sudah wacana kalau memang ingin bikin lagu bareng,” kisah low mana.

“Kebetulan saat bikin lagu ini, ada verse kedua yang kosong, dan akhirnya gue kirim ke David. Eh, dia langsung sat-set, jadi deh,” lanjutnya.

Walau begitu, low mana mengakui bahwa Davidbeatt merupakan sosok rapper yang versatile baik dari segi genre maupun penulisan liriknya dan hal itulah yang membuat dia merasa penasaran untuk mengulik musik bersama Davidbeatt.

6 dari 7 halaman

5. Belanegara Abe Feat. Januarta, Slayla - Paper

Kreativitas dari sosok artis dan produser, Bela negara Abe, kembali ditonjolkan dengan nuansa yang berbeda lewat single kolaborasi bersama Januarta dan Slayla yang berjudul ‘Paper’. Hiphop adalah genre yang dipilih oleh Abe untuk lagu ini sekaligus di dalamnya adalah beberapa instrumen perkusi dari Indonesia yang dirangkum menjadi elemen menarik di dalam lagunya.

“Lagu ini ceritanya tentang keyakinan diri, kemandirian dan ketangguhan. Lagu ini menekankan bahwa aku, Januarta dan Slayla tidak mudah terganggu oleh pendapat orang lain atau siapapun yang berusaha untuk menjatuhkan kita,” kisah Belanegara Abe.

Lagu ini menghadirkan kisah tentang keberhasilan dan pencapaian mereka tanpa kompromi seperti lirik ‘I got standard, Yeah I be goin up, then you turn around’ yang menunjukkan kepercayaan diri akan prestasi dan pencapaian yang telah diraih.

Januarta dan Slayla juga mengaku excited bisa berkolaborasi bersama Belanegara Abe kali ini.

“From start to Finish, FUN FUN FUN!!” ujar Slayla yang mengaku bahwa bekerjasama dengan Belanegara Abe benar-benar menyenangkan karena mereka memperbolehkan dirinya bebas berkreativitas lewat lagu ini.  

“Aku berharap lewat dirilisnya lagu ini, genre hiphop di Indonesia bisa mendapatkan lebih banyak perhatian dan apresiasi. Aku juga ingin menunjukkan bahwa hiphop memiliki potensi besar untuk menyampaikan pesan kuat dan mempengaruhi budaya musik di Indonesia,” harap Belanegara Abe.

7 dari 7 halaman

6. Kid Ani - TYC

Telah memulai karier sebagai seorang DJ di usia 13 tahun serta mulai belajar produksi musik dengan Ableton Live 9 di usia 15 tahun, rapper underground, penulis lagu dan produser dari Bali bernama Anakin Anagata Utama atau yang lebih dikenal dengan nama Kid Ani, kembali merilis single terbarunya yang bertajuk ‘TYC’. 

Single ini sebenarnya merupakan project yang dia mulai sejak tahun 2022 sebagai sebuah tugas sekolah. 

“Saat itu aku sedang belajar cara melakukan mixing dan mastering  musik. Butuh waktu hingga sekarang untuk menyelesaikan karena aku juga tidak sabar mengenai perilisan single ini,” ungkap Kid Ani.

Diambil dari singkatan The Yellow Card, ‘TYC’ merujuk pada kartu tarot Matahari yang biasanya dianggap sebagai kartu terbaik dalam tarot dan melambangkan hal-hal baik dan positif dari perjuangan saat ini.

Lagu ini digarap Kid Ani sebagai cerminan kebahagiaan, kepuasan, vitalitas, kepercayaan diri, dan kesuksesan dirinya di kancah musik. Sekaligus merupakan kisah yang memang tengah dia alami sekarang ini dalam kehidupannya.

“Untuk lagu ini, semua proses aku lakukan sendiri mulai dari menulis lagu sampai memproduksi, menyelesaikan mixing dan proses mastering,” kisahnya.

Itulah yang membuat Kid Ani merasa ‘TYC’ berbeda dari karya yang dia buat. Dia merasa, di lagu ini dia ingin menciptakan sesuatu yang cocok untuk berbagai situasi. Dan karena ini merupakan hasil pembelajarannya untuk memproduksi sebuah lagu yang dia lakukan dalam waktu yang lama, dia benar-benar ingin bereksperimen dengan berbagai genre.

“Intinya, lagu ini adalah perpaduan dari Jersey Beats dan musik house,” kata Kid Ani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini