Sukses

Robert Downey Jr Jadi Dr. Doom di Film Avengers: Doomsday, Ternyata Ada Varian dari Tony Stark dalam Versi Komik

Sepertinya Dr. Doom versi Robert Downey Jr. dalam film Avengers: Doomsday mendatang akan tetap bernama Tony Stark.

Liputan6.com, Jakarta Robert Downey Jr. membawa kabar mengejutkan pada akhir pekan. Marvel Studios tiba-tiba saja mengumumkan dalam San Diego Comic-Con pada Sabtu (27/7/2024), bahwa Robert Downey Jr. bakal memerankan karakter Victor von Doom alias Dr. Doom untuk film Avengers: Doomsday.

Bak sosok Dr. Doom, Robert Downey Jr. yang sebelumnya memerankan Tony Stark alias Iron Man, mengenakan busana serba hijau sembari membawa topeng wajah Dr. Doom yang sangat ikonis. Wajahnya juga tak dihiasi senyum, melainkan tampak dingin bak sudah menghayati peran Dr. Doom.

Karakter Dr. Doom selama ini dikenal sebagai sosok antagonis dalam kisah Fantastic Four. Ia juga muncul di dua film yang sebelumnya digarap oleh 20th Century Fox. Namun, sepertinya Dr. Doom versi Robert Downey Jr. ini akan tetap bernama Tony Stark. Kok bisa?

Menelusuri marvel.fandom.com, ternyata ada satu kisah dalam komik terbitan Marvel Comics yang menyorot kisah varian Tony Stark bukan menjadi sosok Iron Man, melainkan Dr. Doom. Kisah varian ini bermula kala Victor von Doom menipu Tony Stark yang masih kuliah agar menjadi korban eksperimennya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Eksperimen Transfer Pikiran dan Tubuh

Dalam kisah Anthony Stark di jagat multiverse Earth-11029 ini, pikiran Victor von Doom dipindahkan ke tubuh Tony Stark. Sementara pikiran Tony dipindahkan ke dalam tubuh Doom dengan ingatan tentang dirinya yang sudah dihapus.

Tony Stark lantas dikeluarkan dari perguruan tinggi dan dipaksa menjalani kehidupan yang sulit sebagai rakyat jelata Latveria (negeri buatan Doom) akibat disalahkan karena melakukan penelitian terlarang.

Setelah tertimpa nasib seperti itu, Tony lalu bekerja keras, mencapai prestasi lebih dari satu gelar hingga ia sukses di bidang industri dan inovasi selama berada di negara Latveria. Namun, penemuannya itu mulai mengganggu kekuatan ekonomi Stark Universal yang dipimpin oleh Victor von Doom saat berada dalam tubuh Tony.

Dr. Doom di tubuh Tony lalu berusaha untuk mengakhiri keberhasilan Doom Industries dengan mengenakan baju besi yang dirancang agar bisa dijual kepada penawar tertinggi demi bisa menyabotase pusat penelitian utama Doom Industries yang dipimpin Tony dalam tubuh Doom.

 

3 dari 4 halaman

Serangan Balik Tony Stark dari Tubuh Doom

Namun, Tony dalam tubuh Doom berhasil menanggapinya dengan mengenakan baju besi ciptaannya sendiri yang dirancang untuk operasi penyelamatan. Keduanya lalu bertarung hingga akhirnya Tony berhasil mengalahkan Doom.

Setelah kalah, Dr. Doom pun mengaku bahwa ia merupakan Doom yang asli dan sebagai ganti kebebasannya, ia akan mengungkap kebenarannya.

Namun, Tony merespons bahwa nama "Tony Stark" di dunia ini diasosiasikan dengan keserakahan, kekejaman, dan nafsu pada kekuasaan. Alhasil, Tony pun tetap menyandang nama Victor von Doom untuk selamanya menjadi sosok yang terhormat.

Meskipun begitu, kita masih belum mengetahui apakah Marvel Studios akan menggunakan konsep seperti itu sambil memainkan tema multiverse dalam Avengers: Doomsday? Ataukah mereka akan bereksperimen dengan konsep baru? Tentu pertanyaan itu akan terjawab setelah sinopsisnya rilis jelang penayangannya pada tahun 2026 mendatang.

 

4 dari 4 halaman

Kiprah Robert Downey Jr di Marvel Studios

Robert Downey Jr. sebelumnya dikenal sebagai karakter superhero pertama dalam waralaba jagat sinema Marvel garapan Marvel Studis, yakni si super jenius Tony Stark yang kemudian menjelma sebagai Iron Man berkat teknologi yang dimilikinya.

Selain Iron Man 1, 2, dan 3, Robert Downey Jr. juga memerankan karakter Tony Stark dalam film The Incredible Hulk, The Avengers, Avengers: Age of Ultron, Captain America: Civil War, Spider-Man: Homecoming, Avengers: Infinity War, hingga Avengers: Endgame.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.