Sukses

Bella Hadid Bersuara soal Kampanye Kontroversial Merek Sepatu Olahraga Dunia

Bella Hadid sendiri membantah keras anggapan bahwa ia mengetahui hubungan antara kejadian tahun 1972 dengan kampanye yang akhirnya ditarik tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Bella Hadid akhirnya buka suara mengenai kampanye kontroversial Adidas yang melibatkan dirinya. Ia membagikan pernyataan panjang mengenai hal ini, dalam sebuah unggahan pada Selasa (30/7/2024).

Diberitakan sebelumnya, dalam iklan sepatu untuk Olimpiade 2024 ini, Adidas merilis ulang sneakers SL72 yang aslinya diluncurkan pada 1972. Masalahnya, pada tahun itu terjadi tragedi di Olimpiade Munich, di mana grup militan Palestina ‘Black September’ menculik dan membunuh 11 anggota tim Israel dan seorang polisi Jerman.

Diwartakan People, hal ini lantas diprotes Asosiasi Yahudi Amerika. Tak hanya itu, keterlibatan Bella Hadid sebagai keturunan Palestina pun diprotes oleh warganet Israel, dilansir dari US Weekly.

Bella Hadid sendiri membantah keras anggapan bahwa ia mengetahui hubungan antara kejadian tahun 1972 dengan kampanye yang akhirnya ditarik itu.

“Untuk kalian yang tak memahami hatiku, aku memastikan kalian mendengar langsung dariku, mengenai kampanye terkiniku bersama adidas. Aku tak  akan pernah secara sengaja melibatkan diri dalam seni atau pekerjaan yang berhubungan dengan tragedi mengerikan dalam bentuk apa pun,” tulis adik Gigi Hadid ini dalam unggahannya.

Bella Hadid meneruskan, “Aku tak punya pengetahuan atau hubungan sejarah dengan kejadian mengerikan pada tahun 1972.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kalau Sudah Tahu, Tak Akan Berpartisipasi

Bella Hadid kaget, kecewa, dan geram karena kampanye ini dinilai sangat tidak sensitif. “Bila sebelumnya aku sudah mengetahuinya, dari lubuk hati terdalam, aku tak akan pernah ikut berpartisipasi,” ujarnya.

3 dari 4 halaman

Kekhilafan Semua Pihak yang Terlibat

“Timku seharusnya tahu, Adidas seharusnya tahu, dan aku seharusnya melakukan lebih banyak riset sehingga aku paham dan mengerti, serta dapat buka suara. Karena aku selalu, berbicara mengenai apa yang kuyakini salah, dan akan selalu begitu,” kata Bella Hadid.

Sang model menambahkan, kampanye ini muncul karena kurangnya pemahaman semua pihak yang teribat dan memeriksa prosesnya. Terakhir, Bella Hadid membantah keras bahwa ia mendukung antisemitisme.

“Aku tak percaya pada kebencian, dalam bentuk apa pun, termasuk antisemitisme. Ini tak akan pernah berubah, dan aku memegang teguh pada pernyataan ini sampai kapan pun,” Bella Hadid menggarisbawahi.

4 dari 4 halaman

Pernyataan Adidas

Adidas juga telah memberikan pernyataan resmi terkait kontroversi ini.

"Kami sadar adanya koneksi—meskipun ini sepenuhnya tidak disengaja—dengan peristiwa sejarah yang tragis dan kami meminta maaf atas segala kekhawatiran atau kesedihan yang ditimbulkan," kata pihak Adidas yang kemudian menarik kampanye ini secara keseluruhan.

Jenama kondang ini juga minta maaf pada Bella Hadid, karena terseret kontroversi ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.