Sukses

Mahalini, NTRL Hingga Adhitia Sofyan Pastikan Tampil di Makassar International Eight Festival and Forum

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali menyelenggarakan event berkelas internasional, Makassar International Eight Festival and Forum (F8 Makassar) yang diadakan pada 24 hingga 28 Juli 2024 di Anjungan Pantai Losari.

Liputan6.com, Jakarta - Penyelenggaraan Makassar International Eight Festival and Forum (F8 Makassar) melibatkan 200 komunitas dan ratusan pekerja seni dengan 300 booth partisipan.

Acara yang diadakan pada 24 hingga 28 Juli 2024 di Anjungan Pantai Losari juga menampilkan penyanyi Mahalini, Adhitia Sofyan, HiVi, NTRL, Nidji dan masih banyak lagi.

Pembukaan F8 Makassar dilaksanakan di Tugu MNEK Kawasan CPI, Rabu (24/72024). Pada acara pembukaan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri Bidang Inovasi Kreativitas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Restog Krisna Kusuma resmi membuka F8 Makassar.

“Saya harap, Pemda Makassar dapat mengolah potensi pariwisata dan ekonomi kreatifnya dengan bijak serta menumbuhkan rasa bangga masyarakatnya akan kekayaan alam, tradisi, dan budayanya untuk melestarikan dan mengembangkan sebaik-baiknya," kata Restog Krisna Kusuma

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tema Unity

Restog menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Makassar dalam penyelenggaraan F8 tahun ini. Konsistensi ini menunjukkan adanya semangat pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah penyelenggara event.

"Hal ini sejalan dengan tema Unity yang diangkat F8 Makassar tahun ini, yaitu semangat untuk menunjukkan kekayaan dan kekuatan bangsa Indonesia sebagai wujud persatuan dalam keberagaman menuju Indonesia emas 2045,” ujar Restog.

 

3 dari 4 halaman

Dibuka Tarian Tradisional

Acara pembukaan diramaikan dengan tarian tradisional oleh anak-anak dan paduan suara mahasiswa. Adapun pembukaan disimbolisasikan dengan menancapkan tombak pusaka pada batu bertuah.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto mengatakan, pelaksanaan F8 telah berhasil mengubah wajah Makassar. Ia menambahkan, gelaran berskala internasional ni juga membuktikan bahwa talenta anak-anak Makassar setara dengan seniman kelas dunia.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Kota Festival

“Makassar telah berubah dari Kota Demonstrasi jadi Kota Festival. Di sini, semua talenta anak-anak Makassar, Indonesia Timur, dan anak-anak (dari seluruh) Indonesia berkolaborasi dengan para seniman,” kata Danny dalam sambutannya.

Adapun penyelenggaraan F8 Makassar 2024 diikuti oleh 8 partisipan internasional, yaitu Malaysia, Singapura, Filipina, Jepang, Australia, Jerman, Prancis, dan India. Turut hadir pula fashion designer dari berbagai daerah negara, seperti Beam Bold by Audra (Hong Kong), Athelier Che by Farah (Malaysia), Chantique Brunei by Fadzil Hadin (Brunei Darussalam), dan A-3 by Adel Haddadi (Prancis).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.