Sukses

Alasan Ahmad Dhani Tak Libatkan Once Mekel di Konser Dewa 19 Tribute to Queen

Ahmad Dhani menyebut konser Dewa 19 ini merupakan penghormatan kepada Queen.

Liputan6.com, Jakarta Dewa 19 bersiap menggelar konser Tribute to Queen yang akan diadakan di H Club SCBD, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Minggu, 4 Agustus 2024 malam. Konser ini tidak hanya akan digelar di Jakarta, tetapi juga di Yogyakarta, tepatnya di Dewa 19 Restography, pada Rabu, 7 Agustus 2024. 

Konser ini merupakan penghormatan bagi band legendaris Queen, yang diberi tajuk "Almost Queen." Ahmad Dhani juga mengatakan ini adalah gagasannya sendiri dan tidak memiliki sponsor eksternal.

"Jadi, konser musik ini tidak ada yang mensponsori, ada sih saya sendiri yang mensponsori. Kebetulan H Club juga mensponsori," ungkap Ahmad Dhani dalam jumpa pers yang digelar di H Club SCBD, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Ahmad Dhani menjelaskan bahwa konser ini adalah hasil dari kecintaannya terhadap musik, terutama terhadap band Queen yang telah menjadi inspirasinya sejak usia delapan tahun. Ia mengaku telah tumbuh dan berkembang dengan mendengarkan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Freddie Mercury, vokalis utama Queen. Keinginannya untuk membuat konser tribute bagi band idolanya tersebut akhirnya terwujud.

"Mungkin mereka yang belum mengerti dan fans bisa mengerti, bagaimana indahnya lagu-lagu Queen yang akan kita mainkan," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

21 Lagu Queen

Dewa 19 akan memainkan 21 lagu Queen di atas panggung, sebuah tantangan besar bagi Ahmad Dhani (Keyboard Vokal), Andra Junaidi (Gitar), Yuke Sampurna (Bas), dan Agung Yudha (Drum). Menurut Dhani, lagu-lagu Queen memiliki keunikan dan keindahan tersendiri, dengan banyak notasi yang sulit dipahami. Untuk menyanyikan lagu-lagu tersebut, Dewa 19 akan berkolaborasi dengan Jeff Scott Soto, penyanyi asal Amerika. 

"Padahal sebenarnya vokalis Dewa 19 yang cocok menyanyikan lagu Queen cuma Once," tambah Dhani, mengakui bahwa Once Mekel adalah pilihan vokalis yang tepat untuk membawakan lagu-lagu Queen.

 

3 dari 4 halaman

Once Menolak

Namun, Dhani mengungkapkan bahwa Once menolak untuk kembali bergabung dengan Dewa 19, terutama setelah mereka sempat bersitegang mengenai masalah royalti. 

"Udah diajakin, cuma Once-nya gak mau. Yaudah kalau tidak mau," ungkap Dhani.

 

4 dari 4 halaman

Tantangan

Andra Junaidi dan Yuke Sampurna juga mengakui bahwa mempelajari dan mengulik lagu-lagu Queen untuk konser ini adalah tantangan tersendiri. "Lagu Queen gak ada yang mudah, cukup membuat kami lama menguliknya," kata Andra Junaidi. 

Meskipun sulit, mereka menikmati proses pembelajaran ini dan berharap dapat menyajikan pertunjukan yang sempurna.

Selain Dewa 19, konser "Almost Queen" ini juga akan diramaikan oleh TRIAD dan Lilo Kla Project, yang akan berkolaborasi untuk menyanyikan beberapa lagu dari Queen. Konser ini diharapkan menjadi momen spesial bagi para penggemar Queen dan Dewa 19, serta memberikan pengalaman musik yang tak terlupakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini