Sukses

Pangeran Hussein Putera Mahkota Yordania Dikaruniai Anak Perempuan, Adakah Perubahan Suksesi Penerus Takhta?

Pangeran Hussein adalah Putera Mahkota Kerajaan Yordania. Bagaimana kedudukan putrinya di urutan suksesi penerus takhta?

Liputan6.com, Jakarta Yordania kini tengah bersukacita menyambut kelahiran anak pertama Pangeran Hussein dan Putri Rajwa. Cucu pertama Raja Abdullah II tersebut lahir dengan jenis kelamin perempuan, pada 3 Agustus 2024 lalu dan diberi nama Iman binti Hussein. 

Mengingat posisi sang ayah adalah seorang Putra Mahkota Kerajaan Yordania, apakah ada perubahan dalam suksesi penerus takhta Kerajaan?

Dilansir dari People, Senin (5/8/2024) Putri Iman ternyata tak masuk dalam urutan penerus takhta Kerajaan Yordania. Pasalnya, berdasarkan konstitusi negara ini, penerus takhta adalah keturunan dari Dinasti Raja Abdullah Ibnu Al-Hussein, dan diturunkan ke garis keturunan laki-laki.

Karena itu, urutan penerus takhta tetap seperti semula, yakni Putera Mahkota Yordania Hussein dan di urutan kedua adalah adik bungsunya, Pangeran Hashem yang kini berusia 19 tahun.

Di urutan ketiga adalah Pangeran Faisal bin Hussein, adik dari Raja Abdullah II. Urutan selanjutnya adalah ketiga anak laki-lakinya, yakni Pangeran Pangeran Omar (30), Pangeran Abdullah (8), dan Pangeran Muhammad (7).  

Meski Putri Iman tak masuk dalam daftar suksesi takhta Kerajaan Yordania, kehadirannya tentunya tetap disambut dengan penuh sukacita oleh para anggota keluarganya. Apalagi, ia adalah cucu pertama Raja Abdullah II

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dua Iman dalam Keluarga Raja Abdullah II

Sang Raja membuat unggahan penuh rasa syukur di akun Twitter atau X resminya.

"Syukur Alhamdulillah atas kelahiran cucu pertama kami, Iman binti Hussein. Kami mengucapkan selamat kepada Hussein dan Rajwa atas kelahiran putri mereka yang berharga,” tulis Raja Abdullah.

Artinya, si kecil punya nama yang sama dengan adik Pangeran Hussein, Putri Iman.

3 dari 4 halaman

Doa Sang Raja untuk Cucunya

Di pengujung unggahannya, Raja Abdullah mengungkap sebuah doa baik untuk kehadiran anggota keluarga baru ini.

Kami berdoa semoga Allah menganugerahinya dengan pertumbuhan yang baik dan menjaganya untuk orang tuanya. Selamat datang di keluarga kami, Iman,” sang Raja memungkasi.

4 dari 4 halaman

Tolak Halus Hadiah dan Karangan Bunga

Dalam pengumuman resmi kerajaan, Pangeran Hussein dan Puteri berharap alih-alih mengirim hadiah atau karangan bunga, mereka meminta tanda sukacita untuk keluarga mereka disalurkan dengan cara lain.

“Keluarga Kerajaan sangat berbahagia dan bersyukur menyambut kelahiran anak pertama mereka, dan mengajak Anda yang ingin memberikan doa baik, untuk mempertimbangkan menyumbang ke Al-Aman Fund for the Future of Orphans sebagai pengganti mengirimkan hadiah atau bunga,” begitu pengumuman dari pihak Kerajaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini