Sukses

Konser Taylor Swift di Austria Dibatalkan, 2 Orang Ditangkap Termasuk Remaja 19 Tahun Diyakini Terkait ISIS

Sebelum konser Taylor Swift resmi dibatalkan, kepolisian Austria menangkap dua tersangka teroris yang diyakini terkait ISIS.

Liputan6.com, Jakarta Konser Taylor Swift di Austria terpaksa dibatalkan karena ancaman keamanan yang tak bisa disepelekan. Kepolisian Austria menemukan indikasi kuat adanya rencana serangan terorisme dalam konser yang digelar Ernst Happel Stadium di Wina pada 8 hingga 10 Agustus 2024.

Dilansir dari CNN, Kamis (8/8/2024), dalam konferensi pers kepolisian menerangkan bahwa ada 2 terduga teroris yang ditangkap. Salah satunya remaja 19 tahun yang merupakan warga negara Austria yang ditangkap di Ternitz. Ia diyakini merupakan simpatisan ISIS.

Sementara itu satu orang lagi ditangkap setelahnya di Wina. “Kedua tersangka diradikalisasi lewat internet, seorang warga negara Austria berusia 19 tahun mengucapkan sumpah setia kepada pemimpin ISIS pada awal Juli,” kata pihak kepolisian.

Pihak berwenang meyakini kedua tersangka telah melakukan langkah-langkah persiapan secara konkret untuk melancarkan serangan. Polisi Austria mencurigai adanya bahan peledak yang disimpan di rumah tersangka di Ternitz.

Di rumah tersangka berusia 19 tahun ini ditemukan pula sejumlah bahan kimia, yang kini dievaluasi. “Berdasarkan investigasi hingga saat ini, kami berasumsi bahwa target serangan adalah acara yang digelar di wilayah Wina,” tutur perwakilan polisi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembatalan Konser Taylor Swift Sudah Diumumkan Promotor

Pembatalan konser Taylor Swift sudah disampaikan pihak promotor, Barracuda Music, dalam unggahan di akun medsos mereka.

“Dengan konfirmasi dari pejabat pemerintah tentang rencana serangan teroris di Stadion Ernst Happel, kami tidak punya pilihan lain selain membatalkan tiga pertunjukan yang dijadwalkan demi keselamatan semua orang,” kata perwakilan promotor.

3 dari 4 halaman

Tiket Konser Taylor Swift Di-refund

Pihak Barracuda Music juga menyatakan, semua tiket yang dibeli penggemar akan dikembalikan secara otomatis dalam 10 hari kerja berikutnya. Pembatalan konser juga telah disampaikan dalam situs resmi Taylor Swift, meski pelantun “August” belum memberi komentar langsung terkait hal ini.

4 dari 4 halaman

Konser The Eras Tour di Eropa

Saat ini Taylor Swift menjalani The Eras Tour untuk wilayah Eropa. Ia baru merampungkan tur konser di Warsawa, Polandia, yang digelar 1 hingga 3 Agustus 2024. Setelahnya, Taylor Swift dijadwalkan tampil di Wembley Stadium, London, Inggris, pada 15-17 Agustus 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini